Sukses

Lifestyle

Tips Goreng Ikan Agar Tidak Lengket dan Meletup-Letup

Fimela.com, Jakarta Ikan goreng menjadi salah satu menu kesukaan semua orang. Selain cita rasanya yang lezat serta nikmat, ikan goreng memiliki nutrisi terbaik untuk tubuh. Ikan goreng juga tahan lama sehingga cocok digunakan sebagai menu berbuka sekaligus menu sahur. Namun sayangnya, untuk menggoreng ikan bukanlah perkara yang mudah. 

Saat kita salah teknik dalam menggoreng ikan, ikan akan lengket di wajan. Tak jarang, ikan juga hancur. Bahkan, ikan goreng bikin minyak untuk menggoreng ikan meletup-letup dan berpotensi melukai kulit kita saat memasak. Agar ikan goreng tidak lengket, minyak untuk menggoreng juga tidak meletup-letup, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Yuk, simak tipsnya berikut ini.

Pemilihan Ikan

Tips pertama adalah pemilihan ikan. Usahakan untuk memilih ikan yang segar dan masih baru. Ikan yang segar akan menghasilkan ikan goreng yang lezat pun dengan tampilan yang menarik. Ikan yang segar ditandai dengan tubuhnya yang segar, matanya yang berwarna bening dan insangnya yang berwarna merah cerah.

Pemilihan Wajan atau Penggorengan

Tips selanjutnya yakni pilihkan wajan atau penggoreng anti lengket. Gunakan wajan atau penggorengan yang kering, bersih dan khusus untuk menggoreng. Wajan yang kotor rentan bikin ikan goreng lengket. Wajan atau penggorengan yang kotor juga rentan gosong saat digunakan untuk menggoreng.

Bumbu Ikan

Selanjutnya, bumbui ikan dengan bumbu yang tidak membuat wajan lengket. Pilih bumbu standar seperti garam, ketumbar bubuk, lada bubuk, bawang putih bubuk dan sejenis. Hindari menggoreng ikan dengan bumbu yang bikin wajan lengket seperti kecap manis dan gula. Selain bikin wajan lengket, bumbu seperti kecap dan gula rentan menggumpal saat digoreng.

Taburkan Tepung Kering

Tips agar wajan tidak lengket saat menggoreng ikan adalah taburkan tepung kering. Tepung yang bisa digunakan mulai dari tepung beras, tepung terigu hingga tepung tapioka. Tepung kering bersifat mengikat kandungan air dalam minyak. Ini bisa menurunkan risiko wajan lengket dan minyak meletup.

Tambahkan Garam Halus ke Dalam Minyak

Tips selanjutnya yakni taburkan garam halus ke dalam minyak. Tambahkan garam sedikit saja. Ini bisa mengurangi risiko wajan lengket dan minyak meletup.

Tambahkan air jeruk lemon

Air jeruk lemon atau jeruk nipis juga bisa bikin wajan tidak lengket saat menggoreng ikan. Kamu bisa menambahkan air jeruk lemon langsung ke dalam minyak untuk menggoreng, atau gunakan untuk melumuri ikan sebelum dibumbui dan digoreng.

Balik Ikan Setelah Bagian Bawah Kering

Usahakan untuk membalik ikan setelah bagian bawah kering. Balik ikan sesekali saja. Ini bisa mengurangi risiko ikan lengket dan hancur saat digoreng. 

Itulah beberapa tips agar ikan tidak lengket saat digoreng. Yang perlu diperhatikan lagi saat menggoreng ikan adalah penggunaan minyak. Sebaiknya gunakan minyak dengan takaran cukup banyak atau yang mampu merendam tubuh ikan. Ini bisa membuat ikan goreng matang merata. Gunakan juga api sedang agar ikan goreng tidak mudah gosong. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading