Sukses

Food

Tips Mudah Agar Wajan Tidak Lengket Saat Menggoreng Ikan

Fimela.com, Jakarta Menggoreng ikan menjadi aktivitas yang bisa dibilang ganpang-gampang susah. Gampangnya adalah, ikan bisa matang sempurna dan merata meski digoreng dalam waktu yang cukup singkat. Ikan juga menjadi salah satu makanan yang memiliki nutrisi tinggi serta sehat. 

Sayang, menggoreng ikan tak selalu gampang atau mudah. Ada kalanya aktivitas ini bikin kesal dan takut untuk melakukannya lagi. Tidak jarang, saat menggoreng ikan wajan jadi lengket, ikan hancur dan minyak panas di wajan meletup-letup hingga mucrat mengenai tubuh kita. 

Sebenarnya nih ya, dengan cara menggoreng yang tepat, wajan tidak akan lengket saat menggoreng ikan. Namun, bagaimana kita-kira caranya? Simak beberapa cara berikut ini dan jangan lupa untuk menerapkannya di rumah.

Pastikan Wajan Kering dan Bersih

Sebelum menggoreng ikan, pastikan jika wajan kering dan bersih. Wajan yang kotor dan basah, akan rentan membuat ikan lengket. Sisa makanan yang menempel di wajan, akan membuat wajan sangat lengket. Ini bisa memperparah hancurnya ikan selama digoreng. 

Gunakan Minyak Secukupnya

Usahakan untuk menggunakan minyak secukupnya saat menggoreng ikan. Usahakan pula agar penggunaan minyak lebih banyak dari jumlah ikan. Masukkan juga ikan ke dalam wajan saat minyak sudah panas. 

Taburkan Tepung Kering

Untuk mengatasi wajan lengket saat menggoreng ikan, coba untuk menaburi minyak dalam wajan dengan tepung kering. Tepung kering ini akan membuat wajan lebih licin. Kamu juga bisa memanfaatkan tepung kering untuk membaluri ikan yang hendak digoreng. 

Balik Ikan Saat Bagian Bawah Kering

Pastikan untuk membalikkan ikan saat bagian bawah kering. Membalik ikan saat bagian bawahnya masih basah, ini akan membuat daging ikan lengket dan hancur. Dan saat ada salah satu ikan yang digoreng lengket, ini bisa berpengaruh pada ikan-ikan yang hendak digoreng selanjutnya.

Minimalisir Menggoreng Ikan dengan Bumbu Marinasi Berlebih

Ikan dengan bumbu marinasi yang pekat agar membuat cita rasa ikan makin lezat. Namun perlu kita tahu, penggunaan bumbu marinasi berlebih rentan bikin wajan lengket. Bumbu yang mengandung gula akan membuat wajan rentan lengket.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan agar wajan tidak lengket saat menggoreng ikan. Selain tips di atas, tips lain yang harus diperhatikan adalah besar kecil api saat menggoreng. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading