Sukses

Lifestyle

Tips Mencegah Tidur Setelah Sahur, Salah Satunya Sahur Mendekati Imsak

Fimela.com, Jakarta Ramadan telah tiba. Umat muslim di seluruh dunia kini tengah menjalankan ibadah puasa. Salah satu sunah dalam menjalankan puasa adalah dengan makan sahur. Makan sahur memberikan banyak manfaat. Termasuk mendatangkan pahala yang berlipat ganda ke umat muslim yang menjalankannya. 

Rasulullah SAW bersabda yang artinya, “Makanan sahur itu berkah. Maka janganlah kalian meninggalkannya meski hanya meminum seteguk air, karena Allah subhanahu wa ta’alaa dan para malaikat mendoakan rahmat kepada orang-orang yang memakan makanan sahur.” (HR. Ahmad no. 11003, dihasankan Al Albani dalam Shahih Al Jami’).

Mengenai makan sahur, banyak orang yang memilih tidur lagi setelah sahur. Padahal, tidur lagi setelah sahur adalah hal yang berbahaya bagi kesehatan. Penting bagi kita semua untuk menghindari kebiasaan tidur lagi setelah sahur. Ada beragam tips yang bisa dilakukan untuk mencegah rasa kantuk menjelang sahur. Apa saja tipsnya?

Tips Mencegah Tidur Menjelang Sahur

  • Tidur lebih awal. Tips pertama agar tidak mengantuk setelah sahur adalah, usahakan untuk tidur lebih awal. Jika biasanya kamu tidur jam 10 malam, di bulan Ramadan ini kamu bisa tidur lebih awal yakni di jam 9 malam. 
  • Pilih makanan yang tepat. Tips selanjutnya yakni memilih makanan yang tepat untuk berbuka maupun sahur. Hindari memilih makanan yang bikin ngantuk dan tidak sehat seperti makanan berlemak, makanan instan atau makanan berminyak. Sebaiknya pilih makanan yang menutrisi tubuh secara seimbang dari protein, serat, karbohidrat dan vitamin. 
  • Makan secukupnya. Selanjutnya yakni makan secukupnya. Hindari makan terlalu banyak saat sahur. Makanan terlalu banyak bisa menyebabkan kekenyangan. Hal ini bisa bikin cepat ngantuk bahkan sesasat setelah tidur. 
  • Sahur mendekati waktu imsak. Sebaiknya, makan sahur mendekati waktu imsak. Ini bisa membuatmu tetap terjaga dan tetap semangat bangun hingga pagi. Sahur mendekati waktu imsak juga membuatnya semangat menunggu adzan subuh tiba. 
  • Gunakan waktu antara sahur dan subuh untuk membaca al-quran. Untuk mencegah kantuk setelah sahur, gunakan waktu di antara sahur dan subuh untuk membaca al-quran, berdzikir dan beribadah lainnya. Ini juga bisa dilakukan untuk beraktivitas seperti menyapu, mencuci piring, mencuci baju atau mengepel. 

Itulah sekian tips sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah kantuk setelah sahur. Jika kamu bangun sahur lebih awal, gunakan juga waktu setelah sahur untuk salat tahajud. Selain bisa mencegah ngantuk, ini bisa mendatangkan pahala yang lebih banyak lagi. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading