Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan Sederhana untuk Membuat Otak Makin Cerdas

Fimela.com, Jakarta Memang ada orang yang dianugerahi kemampuan dan bakat tertentu yang membuat mereka bisa menguasai bidang tertentu dengan lebih cepat. Namun, pada dasarnya kita semua bisa menjadi pribadi yang cerdas. Dengan menerapkan sejumlah kebiasaan baik dan positif, kita bisa meningkatkan kecerdasan kita menjadi lebih cemerlang.

Melansir laman Better Up, kebiasaan harian sederhana yang kita pilih untuk diterapkan bisa membuat perbedaan besar dalam usaha kita untuk menjadi lebih cerdas. Berikut ini ada lima kebiasaan sederhana yang bisa membantu kita untuk mengasah ketajaman pikiran dan membantu kita jadi makin cerdas. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Rajin Membaca

Membaca dapat memberi kita ilmu dan wawasan baru serta bisa menstimulasi jalur saraf kita dan meningkatkan kesehatan otak. Membiasakan diri membaca akan menjaga ketajaman pikiran kita. Selain itu dengan bertambahnya wawasan baru dan kemampuan memahami hal baru, otak kita bisa makin cerdas lagi.

2. Rutin Berolahraga

Banyak penelitian yang telah menemukan keterkaitan kuat antara latihan fisik dan fungsi otak. Saat fisik kita terus aktif, ada aktivitas yang meningkat di dalam hipokampus (bagian otak yang menunjang perkembangan neuron), dan perkembangan ini bisa meningkatkan fungsi otak yang memiliki peran penting untuk membantu kita jadi makin cerdas. Kalau belum terbiasa berolahraga, bisa mulai dari aktivitas fisik sederhana seperti jalan kaki 30 menit per hari.

3. Belajar Hal Baru

Jadikan belajar hal baru sebagai bagian dari kebiasaan harianmu. Saat ini pengetahuan bisa didapatkan dengan mudah di internet, bahkan banyak yang gratis. Jadi, tingkatkan semangat untuk belajar hal-hal baru. Meluangkan waktu beberapa menit pada akhir pekan untuk belajar hal baru bisa menghadirkan perbedaan yang cukup besar dalam ketajaman pikiranmu.

4. Melatih Daya Imajinasi

Luangkan waktu untuk melatih daya imajinasi. Bisa dengan menekuni hobi baru atau melakukan hal-hal yang bisa mengasah daya kreativitas. Mengasah daya kreativitas bisa merangsang otak kita untuk mengingat segala sesuatunya dengan lebih jelas.

5. Terhubung dengan Orang-Orang Cerdas

Membaurlah dengan orang-orang cerdas. Memang ini tidak secara instan membuatmu cerdas, tetapi kamu bisa mendapatkan banyak inspirasi dan sudut pandang baru untuk terus belajar. Mendapatkan banyak pendapat dan perspektif baru dari orang-orang cerdas bisa makin menyemangatimu untuk terus mengembangkan kemampuan diri.

Itu tadi lima kebiasaan sederhana yang bisa membantumu jadi pribadi yang lebih cerdas. Semoga informasinya bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading