Sukses

Lifestyle

5 Tips Tetap Produktif Saat Menjalankan Puasa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Marhaban ya Ramadan. Selamat datang bulan Ramadan yang penuh kemuliaan dan keberkahan. Dengan datangnya Ramadan, itu artinya umat muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Puasa merupakan aktivitas menahan lapar, haus dan segala hawa nafsu yang bisa membatalkannya. 

Karena puasa mengharuskan seseorang untuk tidak makan dan minum sejak imsak sampai terbenam fajar, tidak sedikit orang yang jadi gagal fokus. Tidak sedikit orang yang merasa lemas dan kurang semangat dalam beraktivitas. Beberapa orang bahkan tidak lagi seproduktif sebelum ia berpuasa. Jadi, bagaimana nih agar kita tetap bisa produktif meski sambil berpuasa? 

Mengutip dari laman eduadvisor.my, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar tetap produktif saat Ramadan. Bagaimana tipsnya? Simak yang berikut.

Buatlah Jadwal Harian

Tips pertama adalah buatlah jadwal harian. Membuat jadwal sehari-hari selama bulan Ramadan, akan membantumu melakukan aktivitas secara teratur. Ini juga membantumu melakukan segala aktivitas secara terjadwal dan ringan untuk dilakukan. Membuat jadwal harian akan memberimu banyak kemudian dalam menyelesaikan setiap pekerjaan yang dimiliki.

Mulai Bekerja Lebih Awal

Usahakan untuk memulai setiap pekerjaan lebih awal. Hal ini akan membantumu memilik energi yang penuh selama bekerja. Dan di saat siang atau sore hari, pekerjaan tersebut bisa lebih cepat selesai. Kamu yang rentan lelah dan malas saat sore, bisa lebih tenang saat pekerjaan sudah selesai lebih awal.

Jangan Melewatkan Makan Sahur

Selelah dan sengantuk apapun kamu, usahakan untuk tetap makan sahur. Jangan melewatkan makan sahur karena ini bisa memberimu energi lebih agar semangat serta lancar berpuasa. Makan sahur juga sebagai aktivitas yang bisa membantumu tetap terjaga di waktu subuh. Ini akan membantumu lebih semangat memulai pekerjaan lebih awal setiap harinya di bulan Ramadan.

Batasi Asupan Kafein

Pastikan untuk membatasi asupan kafein baik dari kopi atau teh selama Ramadan. Konsumsi kafein saat Ramadan justru bisa membuatmu merasa rentan lelah, kurang semangat dan mudah emosi saat lapar. Ini juga bisa membahayakan kesehatan sistem pencernaanmu selama berpuasa. Konsumsi kafein berupa kopi atau teh, sebaiknya tak lebih dari satu cangkir setiap harinya di bulan Ramadan.

Lakukan Segala Aktivitas dengan Senang Hati

Agar kamu lebih produktif dan menghasilkan banyak karya di bulan Ramadan, usahakan untuk melakukan segala aktivitas dengan perasaan senang. Semakin senang dan bahagia perasaanmu, kamu akan semakin menikmati setiap aktivitasmu. Kamu pun bisa lebih produktif meski bekerja dalam keadaan berpuasa. 

Itulah sekian tips mudah agar tetap produktif selama berpuasa di bulan Ramadan. Usahakan pula untuk memiliki istirahat cukup, konsumsi makanan dan minuman bernutrisi tinggi serta hindari mengecek jam. Semakin sering kamu mengecek jam, akan semakin lelah dan resah perasaanmu untuk menunggu waktu berbuka. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading