Sukses

Lifestyle

5 Tips Mengatur Jam Tidur saat Bulan Ramadan agar Tetap Produktif

Fimela.com, Jakarta Tidur yang cukup penting dalam menjaga kesehatan dan kemampuan umum kita sehari-hari untuk berfungsi dengan baik sepanjang hari. Selama ramadan, jadwal tidur normal kita dapat terganggu oleh pertemuan dan aktivitas sosial, yang seringkali berlangsung hingga larut malam, yang bisa mengubah kebiasaan tidur dan makan kita. Ini dapat mengganggu jam biologis kita dan memengaruhi kesehatan umum kita dalam beberapa cara.

Nah, agar mendapatkan waktu tidur yang cukup berkualitas di bulan Ramadan, beberapa tips ini mungkin dapat membantumu. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Jangan Kesampingkan Waktu Tidur Siang

Tidur siang yang lebih lama lebih bermanfaat daripada beberapa tidur siang singkat untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Cobalah untuk tidur setidaknya 4 jam di malam hari setelah berbuka puasa, sebelum bangun untuk sahur dan kembali tidur selama beberapa jam sebelum bangun untuk hari berikutnya.

2. Mengatur Pola Tidur

Coba rencanakan rutinitas tidur yang disesuaikan selama Ramadan sehingga kamu tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Ini akan membantu tubuh mendapatkan ritme untuk tidur yang lebih nyenyak.

3. Tidur Siang Sebentar

Tidur siang selama 20 menit di sore hari dapat memulihkan energi dan tingkat fokus yang lesu. Setel alarm karena tidur berlebihan dapat membuatmu merasa pening dan bahkan lebih mengantuk daripada sebelum tidur siang.

4. Perhatikan Asupan yang Kamu Konsumsi

Hindari makan makanan berat, berlemak atau bergula saat berbuka , ini dapat mengganggu waktu tidur karena tubuh bekerja berlebih untuk mencerna makanan. Makanan yang sangat pedas juga bisa menjadi berita buruk untuk tidur nyenyak karena dapat menyebabkan penumpukan gas dan mulas. Menghindari kafein selama beberapa jam sebelum tidur juga dapat membantu tidur nyenyak.

5. Perhatikan Lingkungan Tempat Beristirahat

Ruang yang tenang dan gelap sangat ideal untuk tertidur. Hindari menggunakan perangkat elektronik seperti ponsel, laptop, dan TV menjelang waktu tidur karena penelitian menunjukkan bahwa cahaya dari layar dapat mengganggu kualitas tidur.

Nah, pastikan kamu mendapatkan waktu istirahat yang cukup ya, Sahabat Fimela agar kegiatan selama bulan puasa tidak terganggu. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading