Sukses

Health

Studi: Tidur Cukup Bisa Bantu Melancarkan Program Diet

Fimela.com, Jakarta Diet merupakan aktivitas yang bisa dibilang gampang-gampang susah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar diet yang dilakukan lancar dan memberi hasil maksimal. Salah satu hal tersebut adalah tidur. Mengutip dari laman healthline.com, tidur memiliki peran penting dalam menentukan keberhasilan diet. Para ahli mengungkapkan jika dengan tidur cukup, tingkat keberhasilan program diet akan lebih besar. 

Menurut American Heart Association, tidur cukup tak hanya memaksimalkan hasil program diet. Ini juga bermanfaat menyehatkan jantung dan menjaga kinerja seluruh organ tubuh secara maksimal. Ini juga sebagai salah satu cara agar psikis kita lebih sehat dan bahagia.

Alasan Tidur Cukup Melancarkan Diet

Ada beberapa alasan kenapa tidur cukup bisa bantu melancarkan program diet. Dengan tidur cukup, dikatakan ini bisa mengurangi penumpukan lemak di tubuh. Dalam sebuah studi ditemukan jika kurang tidur menyebabkan peningkatan kadar kortisol atau hormon stres. Inilah yang kemudian menyebabkan menumpuknya lemak dalam tubuh. 

Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Lipid Research tahun 2019 menemukan jika, seseorang yang mengalami kurang tidur bisa menyimpan lemak lebih banyak dari makanan yang ia konsumsi sehari-hari. Sebaliknya, orang yang memiliki tidur cukup akan bantu mengurangi stres. Sehingga penyimpanan lemak di tubuh bisa dicegah dan dikurangi.

Bahaya Kurang Tidur Saat Diet

Kurang tidur bisa menyebabkan ketidakseimbangan antara hormon leptin dan ghrelyn. Hormon leptin adalah hormon yang membuat seseorang merasa kenyang. Sedangkan ghrelyn adalah hormon yang membuat seseorang merasa lapar. 

Dengan ketidakseimbangan kedua hormon ini, rasa kenyang dan lapar dalam diri akan berantakan. Kita pun rentan memiliki pola makan yang tidak sehat. Ini kemudian meningkatkan risiko kegemukan atau susahnya menjalankan program diet.

Beberapa studi juga menemukan jika kurang tidur bisa meningkatkan risiko kita menginginkan konsumsi makanan tak sehat, berlemak dan mengandung banyak gula tambahan di dalamnya. Para ahli bahkan mengungkapkan jika kurang tidur bisa bikin ritme sirkadian dalam tubuh berantakan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading