Sukses

Lifestyle

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Badan yang Mengganggu

Fimela.com, Jakarta Bau badan menjadi kondisi yang sangat umum dialami oleh sebagian besar orang. Meskipun tidak berbahaya, bau badan dapat membuat seseorang merasa malu dan menurunkan rasa percaya diri.

Dilansir dari Medical News Today, bau badan adalah bau tidak sedap yang berasal dari tubuh kita, terutama dari area kulit yang mengeluarkan keringat seperti ketiak, telapak tangan, telapak kaki, dan daerah selangkangan. Bau badan sendiri disebabkan oleh campuran keringat dan bakteri yang hidup di permukaan kulit.

Sebenarnya, keringat sendiri tidak berbau, tetapi ketika keringat tercampur dengan bakteri yang hidup di kulit, maka akan memproduksi senyawa kimia sehingga menyebabkan bau yang tidak sedap. Masalah bau badan juga sering kali menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat mengganggu interaksi sosial dan merusak rasa percaya diri.

Ada pun berbagai faktor lain yang dapat menyebabkan bau badan, diantaranya:

1. Makanan yang dikonsumsi

Makanan yang dikonsumsi juga dapat menjadi penyebab bau badan. Beberapa jenis makanan yang menyebabkan bau badan seperti bawang putih, bawang bombay, kari, dan rempah-rempah. Makanan tersebut ternyata mengandung senyawa sulfur yang dapat diserap oleh tubuh dan dikeluarkan melalui keringat. Apabila seseorang mengonsumsi makanan ini dalam jumlah yang banyak, maka bau badan dapat menjadi lebih kuat dan tidak sedap.

Pakaian terlalu ketat dapat menjadi faktor penyebab bau badan

2. Kondisi medis

Beberapa kondisi medis juga dapat menjadi penyebab bau badan, contohnya adalah hyperhidrosis. Dilansir dari Healthline, hyperhidrosis adalah kondisi medis yang menyebabkan produksi keringat berlebihan  pada bagian tubuh tertentu, seperti telapak tangan, ketiak, atau telapak kaki. Kondisi ini juga dapat terjadi pada seseorang yang sehat secara umum dan dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang secara signifikan.

3. Pakaian yang terlalu ketat

Pakaian yang terlalu ketat dapat membuat sirkulasi udara di sekitar daerah ketiak menjadi terhambat, sehingga membuat keringat terperangkap di bawah pakaian dan menyebabkan bau badan. Pakaian yang terbuat dari bahan sintetis juga dapat memperparah kondisi ini karena tidak menyerap keringat dengan baik. Oleh karena itu, penting memilih pakaian dengan memiliki kualitas bahan yang dapat menyerap keringat dengan baik.

4. Kebiasaan jorok

Kebiasaan jorok atau tidak menjaga kebersihan diri dapat menyebabkan bau badan. Kebiasaan jorok yang dapat menimbulkan bau badan, diantaranya jarang mandi, tidak mengganti pakaian yang bersih, tidak membersihkan area tubuh yang mudah berkeringat, dan menggunakan produk perawatan tubuh yang tidak sesuai.

Cara mencegah bau badan

Untuk mencegah bau badan, seseorang dapat melakukan beberapa hal berikut:

1. Mandi secara teratur

Mandi secara teratur adalah cara terbaik untuk membantu menghilangkan bakteri dan kotoran pada kulit yang dapat menyebabkan bau badan.

2. Gunakan deodorant atau antiperspirant

Deodorant atau antiperspirant efektif membantu mengurangi produksi keringat dan mencegah pertumbuhan bakteri pada kulit. Kamu bisa memilih deodorant atau antiperspirant yang sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhanmu.

3. Ganti pakaian secara teratur

Rajinlah mengganti pakaian secara teratur, terutama jika kamu berkeringat banyak. Pakaian yang basah atau lembab dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau badan.

Selain itu, penting juga memakai pakaian yang terbuat dari bahan yang dapat menyerap keringat. Hal ini bertujuan agar udara dapat mengalir dengan baik.

4. Hindari makanan yang dapat menyebabkan bau badan

Apabila kamu tidak ingin mengalami bau badan, kamu juga perlu menghindari makanan yang dapat meningkatkan produksi keringat seperti makanan pedas atau makanan yang mengandung banyak bawang putih dan bawang bombay.

5. Minum air putih yang cukup

Minum air putih yang cukup setiap harinya dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mengurangi produksi keringat.

 

*Penulis: Amelia Septika.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading