Sukses

Lifestyle

4 Tips Mempersiapkan Mudik Lebih Menyenangkan Bareng Si Kecil Versi Kadek Arini

Fimela.com, Jakarta Liburan Lebaran adalah waktu yang dinanti-nanti oleh banyak orang di Indonesia. Momen ini menjadi kesempatan besar untuk berkumpul dengan keluarga dan orang-orang tercinta.

Namun, pulang kampung atau liburan selama Lebaran dapat menjadi proses yang rumit dan memakan waktu, terutama jika kamu sudah memiliki si kecil. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan perjalanan pulang kampung dengan baik.

Salah satu travel blogger bernama Kadek Arini, membagikan tips persiapan perjalanan mudik yang lebih baik. Khususnya bagi kita yang sudah berumah tangga dan memiliki anak.

"Kalau dulu, travelling sendirian bisa sesuka hati. Sekarang, semua harus dipikirkan secara matang karena sudah punya bayi. Makanya, aku mau bagi-bagi tips ke sesama orangtua yang mau pulang kampung atau liburan di Lebaran nanti. Kebetulan juga, aku ada rencana pulang ke rumah keluarga di Bali," ujar Kadek Arini. 

Berikut ini adalah beberapa tips ala Kadek Arini untuk membantumu mempersiapkan perjalanan liburan Lebaran dengan baik.

1. Sesuaikan waktu perjalanan dengan jadwal si kecil

Dilansir dari Arab News, ketika merencanakan perjalanan liburan, sebaiknya orangtua perlu mengetahui jadwal kegiatan anak. Hal serupa juga disetujui oleh Kadek Arini, sebab situasi ketika si kecil rewel  menjadi kekhawatiran banyak orangtua saat melakukan perjalanan dengan transportasi umum. 

Nah, bagi kamu yang berencana bepergian dengan pesawat, Kadek Arini menyarankan untuk memilih waktu penerbangan sesuai dengan jadwal tidur si kecil.

“Saya biasanya beli tiket pesawat yang jadwalnya sama dengan waktu tidur siang anak. Jadi,selama penerbangan itu dia ikut tidur, gak nangis dan gak cranky. Ketika landing, anak sudah segar sehinga bisa lanjut jalan-jalan,” ujar Kadek Arini, ibu dengan balita berusia 11 bulan ini.

 

Persiapkan kebutuhan si kecil

2. Kemas makanan ringan dan mainan untuk mendistraksi

Tekanan udara di atas pesawat terkadang menimbulkan rasa pekak pada telinga. Kadek Arini yang telah berpengalaman menjelajahi lebih dari 30 negara ini, menyarankan untuk memberikan ASI secara ekslusif ketika pesawat akan terbang. Hal tersebut dikarenakan gerakan menghisap bayi bisa membantu menyamakan perubahan tekanan udara di saluran telinganya. 

Selain itu, bayi juga akan merasa lebih aman dan nyaman dengan sentuhan skin to skin. Ada pun cara mendistraksi si kecil dengan cara yang berbeda yaitu dengan memberikan snack atau mainan favoritnya supaya lebih tenang selama perjalanan.

3. Pilih tempat duduk yang sesuai

Apabila kamu masih memiliki bayi yang berusia di bawah enam bulan, Kadek merekomendasikan untuk para ibu memilih kursi di sisi samping jendela. Sebab, posisi ini akan lebih terasa nyaman dan privat apalagi harus menggendong si kecil selama penerbangan, tanpa terganggu oleh penumpang bagian dalam yang ingin menuju ke toilet.

Namun, hal ini berbanding terbalik apabila anak telah memasuki usia balita aktif. Anak yang telah memasuki usia balita aktif, justru memerlukan ruang ekstra, dengan posisi kursi di lorong (aisle) agar lebih leluasa untuk bergerak.

Kadek juga memberikan cara membeli tiket pesawat agar bisa mendapatkan kursi yang sesuai dengan keinginannya.

"Aku biasanya membeli tiket pesawat melalui layanan flights di Airasia Super App. Pakai aplikasi ini terasa gampang banget kalau mau add-on beli kursi di aplikasi saat check-in online. Ada banyak pilihan maskapainya juga sekarang,” tutur Kadek.

Super App Raya Sale dari Airasia Super App

4. Pilih lokasi hotel yang strategis

Untuk kamu yang perlu menginap di hotel saat mudik atau liburan nanti, Kadek Arini menyarankan para orangtua sebaiknya memesan kamar hotel yang luas serta menyediakan beragam fasilitas untuk anak, seperti boks bayi, tempat bermain, dan lainnya.

Kadek Arini juga menyarankan untuk menggunakan Airasia Super App agar mendapatkan hotel yang memiliki fasilitas yang menunjang kebutuhan si kecil dengan mudah. 

Selain itu, lokasi hotel juga penting untuk dipertimbangkan. Kadek menganjurkan untuk memilih hotel yang lokasinya dekat dengan titik transportasi umum seperti kereta sehingga memudahkan mobilisasi.

“Kalau jalan-jalan keluar negeri, pilih hotel yang dekat dengan transportasi umum, contohnya monorail dan MRT. Karena barang bawaan kita pasti lebih banyak, tas popok, stroller, dan sebagainya. Tapi, kalau dalam negeri kan lebih mudah ya, bisa naik Airasia ride. Buat kamu yang ingin liburan di Bali. Airasia ride memudahkan kamu untuk mobilisasi karena cukup tinggal pesan, mobilnya datang, sampai di tujuan.  Banyak promo juga lagi!,” tutup Kadek.

Demikian tips ala Kadek Arini untuk membantumu mempersiapkan perjalanan Lebaran dengan baik. Mendukung persiapan mudik dan libur lebaran masyarakat Indonesia, Airasia Super App menghadirkan kampanye bertajuk ‘Super App Raya Sale’ dengan diskon hingga 77%.

"Bulan Ramadhan menjadi momen penting bagi kami sebagai pelaku industri perjalanan. Maka dari itu, kami menghadirkan Super App Raya Sale dengan promo dari hulu ke hilir yang menguntungkan bagi para pengguna. Mulai dari pemesanan tiket pesawat berbagai maskapai nasional dan global, reservasi hotel, Airasia ride di Bali, Airasia food, shop, dan sebagainya. Kami juga memastikan kesiapan dari sisi back-end agar pengalaman pengguna dapat berjalan mulus.” ucap Boni Andika selaku Head of Marketing airasia Super App Indonesia seperti tertulis dilansir dari Airasia.com. 

*Penulis: Amelia Septika

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading