Sukses

Lifestyle

Membaca Al-Quran, Cara Paling Mudah untuk Mengatasi Hati yang Resah

Fimela.com, Jakarta Bagi kamu yang beragama muslim, kapan terakhir kali kamu membaca Al-Quran? Bulan Ramadan seperti sekarang ini, adalah waktu yang tepat untuk memperbanyak membaca Al-Quran. Ramadan seperti sekarang ini, juga menjadi waktu yang tepat untuk membuat hati lebih tenang, sabar dan bahagia. 

Ada beragam penyakit hati yang bisa membuat perasaan resah, gelisah dan jauh dari kata tenang. Lantas, bagaimana caranya agar hati lebih tenang? Bagaimana caranya untuk mengobati hati yang resah dan gelisah?

Mengobati dan Mengatasi Hati yang Resah

Mengutip dari laman nu.or.id, untuk mengobati dan mengatasi hati yang resah, bisa dilakukan dengan cara paling mudah. Yakni dengan membaca Al-Quran. Tak hanya mengatasi resah di hati, membaca Al-Quran juga bisa mengangkat atau menghilangkan penyakit hati seperti iri, dengki, sombong, kurang bersyukut, syirik dan masih banyak lagi. 

Al-Quran adalah penyembuh dari segala macam penyakit hati. Ini juga sebagai penyejuk hati yang akan membuat hati lebih tenang, bersyukur dan bahagia. Dalam Al-Quran surat Yunus ayat 57 dijelaskan:

يٰۤاَيُّهَا النَّاسُ قَدۡ جَآءَتۡكُمۡ مَّوۡعِظَةٌ مِّنۡ رَّبِّكُمۡ وَشِفَآءٌ لِّمَا فِى الصُّدُوۡرِۙ وَهُدًى وَّرَحۡمَةٌ لِّـلۡمُؤۡمِنِيۡنَ

Artinya:Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (Al-Qur'an) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman. (QS Yunus : 57)

Baca Al-Quran dan Pahami Maknanya

Agar hati semakin sabar, tenang dan lebih bahagia, jangan hanya membaca Al-Quran saja. Pastikan pula untuk memahami dan mengartikan makna yang terkandung di dalamnya. Semakin seseorang memaknai isi Al-Quran, akan semakin tenang dan bahagia hatinya. Akan semakin tinggi tingkat kekhusyukan dan keimanannya. 

Membaca Al-Quran bisa dilakukan kapan saja. Akan lebih utama, jika kitab suci ini dibaca secara rutin setiap hari. Allah bahkan akan meninggikan derajat, memberikan keberkahan dan segala kebaikan bagi orang-orang yang tak hanya membaca dan memaknai artinya, tapi akan memberi pahala berlipat ganda bagi mereka yang mau menghafalkannya. 

Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan bagi umat muslim di manapun kamu berada. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading