Sukses

Lifestyle

Penyebab Monitor Bergaris yang Cukup Mengganggu dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Komputer adalah salah satu perangkat elektronik yang cukup umum digunakan oleh kebanyakan orang. Sebagian besar orang saat ini pasti sudah mengenal bahkan menggunakan komputer dalam aktivitas sehari-hari. Keberadaan komputer saat ini sudah seperti smartphone atau ponsel yang dianggap sebagai kebutuhan primer, bukan lagi sarana hiburan saja. Hal tersebut dikarenakan komputer sangat berguna untuk membantu manusia dalam melakukan berbagai hal seperti salah satunya bekerja.

Namun karena merupakan buatan manusia, maka wajar jika masih ada beberapa permasalahan ketika menggunakannya. Salah satu permasalahannya adalah layar monitor yang tiba-tiba bergaris. Monitor yang bergaris ini cukup mengganggu ketika sedang digunakan.

Apa sih penyebab monitor bergaris? Berikut penjelasan mengenai penyebab monitor bergaris serta cara mengatasinya.

Penyebab Monitor Bergaris

1. Kesalahan kabel

Melansir dari tipsmake, salah satu penyebab layar monitor bergaris yang terjadi adalah kesalahan pada kabel. Kondisi error seperti ini memiliki kemungkinan ketika kamu bergerak, kabel terpengaruh, rusak karena jatuh atau menabrak suatu tempat. Untuk layar monitor bergaris yang disebabkan oleh kabel, maka kamu perlu untuk mengganti kabel baru atau kabel yang mampu beroperasi dengan stabil.

2. LCD tidak terpasang dengan benar

LCD atau panel layar monitor yang dipasang dengan tidak rapat, dapat menjadi salah satu penyebab layar monitor bergaris. Pemasangan layar yang tidak dilakukan secara presisi menjadi penyebab, karen neon pada LCD akan menjadi tidak merata sehingga pada beberapa bagian tak bisa tampil secara maksimal. Faktor yang biasanya terjadi karena penggunaan, juga dapat mempengaruhi atau memang monitor pernah terjatuh sebelumnya.

3. Kesalahan pada driver software

Penyebab layar monitor bergaris juga bisa terjadi karena kesalahan pada driver perangkat lunak. Untuk memeriksa apakah kesalahan garis layar disebabkan oleh konflik perangkat lunak atau driver, maka menyalakan ulang komputer, lalu memasuki layar DOS (layar hitam saat boot) dan garis-garis vertikal muncul. atau garis horizontal (seperti yang ditunjukkan di bawah), kesalahan ini tidak disebabkan oleh konflik perangkat lunak, driver. Namun saat memasuki layar utama, itu bergaris-garis, maka kesalahan garis-garis layar itu disebabkan oleh konflik perangkat lunak, driver. Oleh karena itu, cara untuk mengatasinya dengan menginstal Driver Kartu Video atau bahkan menginstal ulang Windows.

4. Kesalahan VGA

Penyebab layar monitor bergaris juga bisa terjadi karena kesalahan VGA. Kartu grafis atau VGA yang dilengkapi dengan komputer ini, biasanya digunakan untuk memproses gambar seperti warna, resolusi, kontras, serta jumlah gambar yang ditampilkan di layar. Kesalahan VGA merupakan penyebab umum monitor lama yang hanya menggunakan driver yang bisa dilepas serta tidak terpasang. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah membawa ke service center untuk diperbaiki.

5. Kegagalan layar

Untuk memastikan kesalahan screen streaking disebabkan oleh layar atau tidak, maka langkah yang bisa kamu lakukan adalah mengeceknya dengan melihat 1 gambar di 2 komputer yang berbeda. Jika gambar yang ditampilkan pada perangkatmu bergaris tetapi pada perangkat lain tidak bergaris, maka dapat dipastikan bahwa monitormu rusak. Ketika terjadi kesalahan stripe dari layar, cara terbaik yang bisa ditemukan adalah dengan mengganti layar baru tergantung dengan jenis layar monitor.

Cara Mengatasinya

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi layar monitor yang bergaris:

  • Hidupkan komputermu, kemudian restart dengan cepat untuk menghilangkan garis yang berkedip-kedip di layar monitor.
  • Coba monitor lain jika memungkinkan, dengan cara ini dapat membantu menentukan apakah garis-garis itu disebabkan oleh layar monitor atau komputer itu sendiri.
  • Periksa monitor saat terputus dan tetap nyalakan monitor lalu cabut dari komputermu.Setelah itu, cari kedipan di layarnya saat terputus. Jika kamu melihat segala jenis distorsi, ini menunjukkan kalau monitormu yang rusak.
  • Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menutup komputer setelah beberapa detik, dan buka kembali komputermu. Setelah itu lihat layar monitor, jika garis-garis mulai muncul di layar pada sudut tertentu saat kamu membuka komputer, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah kabel yang rusak.

Cara lain yang juga bisa dilakukan: 

  • Instal pembaruan sistem operasi terbaru. 
  • Periksa koneksi monitor. 
  • Putuskan sambungan monitor.
  • Lepaskan magnet dan elektronik. 
  • Bersihkan komputer dan monitor. 
  • Ubah resolusi layar.
  • Kalibrasi monitor.
  • Ubah kecepatan refresh monitor. 
  • Perbarui driver perangkat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading