Sukses

Health

5 Cara Menjaga Mata agar Tetap Sehat Bagi Pengguna Komputer

Fimela.com, Jakarta Mata merupakan bagian vital yang membantu kita untuk melihat. Keberadaannya harus dijaga agar tetap sehat. Tetapi bagaimana cara menjaga mata agar tetap sehat bagi para orang-orang yang beraktivitas di depan layar monitor sepanjang hari?

Banyak cara mudah yang dapat diterapkan saat bekerja di depan layar monitor, mulai dari mengedip dengan sering, mengistirahatkan mata jika lelah, rutin periksa mata ke dokter, dan masih banyak lagi. Simak penjelasannya berikut ini.

Memakai Kacamata Anti-Radiasi

Bagi para pekerja yang setiap saat di depan layar komputer atau gadget lainnya disarankan untuk memakai kacamata anti-radiasi. Kacamata anti-radiasi dirancang khusus untuk para pengguna yang bekerja seharian menatap layar monitornya. Kacamata ini memiliki fungsi untuk melindungi mata dari paparan sinar layar komputer yang mengandung radiasi yang berbahaya bila dibiarkan terus menerus.

Mengaktifkan Dark Mode

Saat ini, fitur pada perangkat elektronik sudah difasilitasi dengan mode gelap atau yang biasa disebut dengan fitur dark mode. Fitur ini merupakan inovasi yang ditemukan agar membuat mata pengguna perangkat elektronik menjadi lebih nyaman saat menatap layar monitor.

Memperhatikan Posisi Duduk

Posisi duduk yang salah dapat mempengaruhi kesehatan mata jika dilakukan terus menerus. Posisi yang baik saat berada di depan layar monitor yaitu dengan mengatur posisi duduk di kursi senyaman mungkin hingga kaki menyentuh lantai. Lalu jarak antara mata dan layar monitor sebaiknya 45-80 cm untuk menjaga kenyamanan mata.

Istirahatkan Mata

Setelah terus menerus menatap layar monitor, alihkan pandangan mata sejenak dari layar monitor selama 30 detik dengan melihat kejauhan agar fokus mata dapat teralihkan. Lakukan kegiatan ini selama setiap 20 menit sekali agar kesehatan mata dapat terjaga.

Konsumsi Makanan Sehat

Selain menjaga kesehatan mata dari luar, jangan lupa untuk menjaga dari dalam dengan rutin mengkomsumsi makanan yang kaya akan sehat dan vitamin agar mata terhindar dari penyakit rabun dan katarak. Contohnya seperti wortel, brokoli, bayam, alpukat, tomat, mangga, dan pisang.

Demikian sahabat Fimela, cara-cara mudah yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata agar tetap sehat walaupun menatap layar monitor sepanjang hari. Semoga informasi diatas dapat membantu.

 

Penulis: Audi Regita Salsabila

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading