Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan Minimalis untuk Membuat Hidupmu Makin Bahagia

Fimela.com, Jakarta Kebahagiaan menjadi topik yang selalu menarik untuk dibahas. Masing-masing dari kita punya definisi sendiri soal kebahagiaan. Kita pun punya cara sendiri untuk meraih dan menciptakan kebahagiaan kita sendiri.

Kalau selama ini kita kesulitan untuk merasakan bahagia, mungkin ini saatnya untuk kembali menyederhanakan beberapa aspek kehidupan kita. Untuk bahagia, kita bisa melakukan sejumlah hal yang sederhana. Ada kebiasaan minimalis yang bisa kita terapkan untuk memiliki hidup yang lebih bahagia.

 

 

1. Kurangi Menumpuk Barang yang Tak Diperlukan

"Menerapkan hidup minimalis berarti melawan keinginan untuk menghadirkan tiruan dunia luar di dalam rumah kita sendiri," tulis Francine Jay dalam Seni Hidup Minimalis. Cobalah untuk mulai mengurangi tumpukan barang yang tak diperlukan di rumah. Kalau ada barang-barang yang sekiranya perlu dibuang atau didonasikan, lakukan saja. Beranikan diri untuk mengelilingi diri dengan barang-barang secukupnya.

 

 

2. Kurangi Kebiasaan Membanding-bandingkan Diri

Saatnya untuk lebih fokus menjalani hidup sendiri. Kurangi kebiasaan membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Apalagi saat sudah mulai membuka media sosial, tahan diri dari membuat asumsi atas kehidupan orang lain atau malah menghakimi diri sendiri. Mengutip buku Merawat Luka Batin, membandingkan dengan tidak adil akan membuat perasaan kita menjadi lebih buruk. Jadi, daripada makin muram dan murung tiap kali membandingkan diri dengan orang lain, kini cobalah saatnya untuk lebih fokus menjalani hidup sendiri sebaik mungkin.

 

 

3. Syukuri Momen Saat Ini

Bersyukur sebenarnya mudah dilakukan selama kita mau melakukannya. Sesuatu yang sederhana untuk dilakukan saat ini, sekarang juga. Saat kita bisa menghadirkan rasa syukur, hati kita akan makin bahagia dengan lebih mudah. Mensyukuri momen saat ini hadirkan rasa nyaman tersendiri dan membuat kita bisa lebih mudah bahagia.

 

 

4. Buat Sesuatu untuk Dinikmati Sendiri

Memasak untuk dinikmati sendiri, membuat karya yang dikagumi sendiri, atau membuat sesuatu untuk dinikmati sendiri, apa pun itu, bisa hadirkan kebahagiaan. Kepuasan batin yang hadir saat bisa melakukan sesuatu untuk diri sendiri bisa membuat kita makin bahagia. Cara kita mengapresiasi sesuatu yang bisa kita buat dan lakukan untuk diri sendiri bisa menentukan kadar bahagia yang bisa kita dapatkan. Dengan kata lain, makin kita mengapresiasi diri sendiri, kita bisa makain bahagia dengan kehidupan yang kita jalani.

 

 

5. Tidur Cukup untuk Bangun Pagi

Bangun pagi bisa menjadi kebiasaan yang bikin bahagia. Saat bisa bangun lebih pagi, kita bisa memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri untuk menjalani aktivitas. Sehingga kita pun bisa mengelola waktu jadi lebih baik lagi. Kebahagiaan bisa hadir saat kita bisa merasa lebih siap menyambut hari. Suasana hati yang baik bisa lebih mudah didapatkan saat bisa bangun lebih pagi.

Itu tadi lima kebiasaan sederhana yang bisa membantu kita hidup lebih bahagia. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading