Sukses

Lifestyle

5 Sikap Bersyukur agar Hati Makin Damai di Hari Raya Idul Fitri

Fimela.com, Jakarta Makin sering kita bersyukur, makin mudah kita akan merasakan dan mendapatkan kebahagiaan. Di Hari Raya Idul Fitri, selain berusaha untuk saling memaafkan, kita juga bisa berupaya untuk memperbanyak rasa syukur. Hadirkan kedamaian di hati dengan bersyukur.

Kita bisa bersyukur melalui cara-cara sederhana, bahkan ada banyak cara yang bisa dicoba. Kali ini kita akan membahas lima cara dan sikap yang membantu kita memiliki hati yang lebih damai dengan memperbanyak syukur di momen Lebaran.

 

 

1. Sadari Betapa Besar Anugerah-Nya

Mengutip buku Kosakata Keagamaan, "Syukur manusia kepada Allah dimulai dengan menyadari dari lubuk hatinya yang terdalam betapa besar nikmat dan anugerah-Nya, disertai dengan ketundukan dengan kekaguman yang melahirkan kepatuhan kepada-Nya antara lain dalam bentuk menggunakan nikmat yang diperolehnya sesuai tujuan penganugerahannya." Kita bisa meningkatkan kepekaan untuk kembali menyadari bahwa anugerah-Nya sangat luar biasa. Dengan begitu, kita bisa memiliki ketenangan batin.

 

 

2. Lebih Banyak Berbagi

Berbagi juga bisa jadi bagian dari cara kita bersyukur. Sekecil atau sesedikit apa pun sesuatu yang kita bagi, saat disertai dengan niat dan penuh rasa sukur maka bisa mendatangkan kebaikan tersendiri. Hati bisa terasa lebih damai saat kita bisa berbagi sesuatu kepada orang lain. Kebahagiaan yang kita dapatkan bisa makin berlipat ganda.

 

 

3. Menghadirkan Perasaan Cukup

Hadirkan perasaan cukup. Mungkin memang ada hal-hal yang belum bisa kamu dapatkan atau belum berhasil kamu peroleh, tetapi itu bukan halangan untuk bersyukur. Sampaikan pada batinmu sendiri bahwa semua yang ada saat ini memang sudah sesuai kebutuhanmu. Sambil terus berikhtiar untuk melakukan lebih banyak kebaikan dalam hidup.

 

 

4. Doakan Orang-Orang Terkasihmu

Hadirkan harapan baik untuk orang-orang terkasihmu. Doakan semua hal yang terbaik untuk orang-orang terdekatmu. Maafkan kesalahan yang ada dan berusahalah untuk mendapatkan maaf juga saat kamu memang melakukan kesalahan pada orang-orang di sekitarmu. Lalu, hadirkan hubungan yang lebih baik dengan saling mendoakan yang terbaik.

 

 

5. Bertekad Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Kuatkan lagi tekad untuk menjadi manusia yang lebih bermanfaat. Dari pekerjaanmu atau hal-hal yang sedang kamu tekuni, kamu bisa membuktikan rasa syukurmu dengan berusaha memaksimalkan potensi dan kelebihan yang kamu punya untuk menghadirkan lebih banyak kebaikan. Perkuat semangat hidupmu dan senantiasa hadirkan Tuhan di hatimu dalam setiap tindakanmu.

Semoga hatimu bisa makin damai di Hari Kemenangan ini, ya. Serta semoga ke depannya kamu bisa makin bahagia menjalani hidupmu ini.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading