Sukses

Lifestyle

5 Ciri Perempuan Bermental Kuat dari Sikapnya yang Tenang

Fimela.com, Jakarta Ujian dan cobaan hidup memang tak mudah untuk dihadapi. Hal-hal tak menyenangkan dalam hidup pun pernah membuat kita terpuruk dan berada di titik terendah hidup. Meskipun kadang segalanya terasa berat untuk dijalani, tetapi bukti bahwa kamu masih bertahan hingga saat ini menjadi tanda awal bahwa sebenarnya kamu kuat.

Di balik sikapmu yang tenang, bisa jadi jiwa yang kuat dan tangguh. Ada kemampuan luar biasa yang kamu memiliki dalam mengatasi masalah-masalah berat hidup. Khususnya kemampuan menangani dan mengatasi emosi. Kali ini, kita akan bahas lima hal yang menjadi ciri umum perempuan kuat dilihat dari kemampuannya mengenali diri dan mengelola perasaan.

 

 

1. Memiliki Kesadaran Diri yang Baik

Mengutip buku Emotional Intelligence, "Kesadaran diri bukanlah perhatian yang larut ke dalam emosi, bereaksi secara berlebihan dan melebih-lebihkan apa yang dicerap. Kesadaran diri lebih merupakan modus netral yang mempertahankan refleksi diri bahkan di tengah badai emosi." Saat kamu punya kesadaran diri yang baik, kamu tak akan gampang menghakimi keadaan-keadaan batinmu. Kamu akan lebih tenang menyikapi keadaan apa pun karena kamu selalu memberi ruang di dalam dirimu untuk memahami kebutuhanmu.

 

 

2. Cenderung Punya Pandangan Positif akan Kehidupan

Memang tak semua keadaan dan pengalaman mudah dan nyaman diterima dan dirasakan. Namun, selama kamu selalu bisa menjaga pandangan yang positif akan kehidupan maka kamu akan selalu bisa menemukan kekuatan dan kemampuan untuk bertahan di masa-masa sulit. Bisa memetik hikmah dan pelajaran dari kejadian tak menyenangkan menjadi salah satu cara terbaikmu untuk bisa melangkah ke depan dalam hidup.

 

 

3. Mampu Berlapang Dada Menerima Hal yang Tak Bisa Diubah

Menjadi kuat bukan berarti bisa mengontrol semua keadaan. Bagaimana pun, kita manusia biasa yang memiliki keterbatasan. Dalam keterbatasan ini, saat kamu bisa berlapang dada menerima realitas yang tak bisa diubah maka sebenarnya kamu memiliki mental yang kuat. Mampu melepaskan dan merelakan hal-hal yang memang berada di luar kendali diri akan membantumu untuk bisa lebih fokus mengoptimalkan hal-hal yang lebih penting.

 

 

4. Mau Berusaha Memperbaiki Diri

Sikap pasrah atau menyerah begitu saja tak ada dalam kamus kehidupanmu. Dari sikapmu yang tenang, kamu bisa mengerahkan energi dan waktumu untuk bisa berusaha mengoptimalkan kelebihan dirimu. Kamu pun terus berusaha memperbaiki diri dengan upaya terbaik terlepas dari kekurangan yang kamu miliki. Saat ada kesalahan yang kamu buat, mungkin kamu bersedih dan menyesali sesuatu. Namun, selama kamu memilih untuk bangkit dan memperbaiki diri maka sebenarnya kamu punya mental yang kuat di dalam dirimu.

 

 

5. Menghargai Diri Sendiri

Kamu tak pernah secara sengaja menyakiti diri sendiri. Sebab kamu menyadari bahwa dirimu dan kehidupan yang kamu jalani ini berharga. Sehingga kamu akan berusaha untuk menjalaninya sebaik mungkin. Menjadi kuat bukan berarti bisa melakukan segala sesuatunya seorang diri, melainkan kamu tahu kapan mencari bantuan dan pertolongan untuk membantumu bangkit dari keterpurukan. Serta kamu tahu kapasitas dirimu sendiri sehingga kamu tak membiarkan dirimu lepas kendali ketika menghadapi situasi yang tak terduga.

Lima hal di atas merupakan sebagian dari ciri umum lain yang menjadi pertanda ada mental kuat di dalam dirimu. Semoga info ini bisa memberi tambahan wawasan yang bermanfaat untukmu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading