Sukses

Lifestyle

Penyebab Laptop Tidak Mau Menyala yang Kamu Alami

Fimela.com, Jakarta Laptop adalah salah satu perangkat elektronik yang cukup umum digunakan oleh kebanyakan orang. Sebagian besar orang saat ini pasti sudah mengenal bahkan menggunakan laptop dalam aktivitas sehari-hari. Keberadaan laptop saat ini sudah seperti smartphone atau ponsel yang dianggap sebagai kebutuhan primer, bukan lagi sarana hiburan saja. Hal tersebut dikarenakan laptop sangat berguna untuk membantu manusia dalam melakukan berbagai hal seperti salah satunya bekerja.

Namun karena merupakan buatan manusia, maka wajar jika masih ada beberapa permasalahan ketika menggunakannya. Salah satunya adalah laptop tidak mau menyala.

Lalu jika laptop tidak mau menyala bagaimana cara mengatasinya? Untuk mengetahui cara mengatasinya, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab laptop tidak mau menyala. Apa saja penyebabnya? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Laptop Tidak Mau Menyala

1. Masalah baterai

Baterai adalah sumber daya laptop. Jika laptop tidak mau menyala, maka mungkin saja hal itu dikarenakan masalah baterai. Bisa jadi baterainya habis, jadi kamu perlu mencharge terlebih dahulu.

Namun kalau sudah dicharge tidak kunjung penuh, mungkin saja baterai laptopmu rusak atau bahkan bocor.

2. Adaptop rusak

Adaptor laptop atau lebih sering dianggap sebagai charger laptop juga bisa menjadi salah satu penyebab kenapa laptopmu tidak mau menyala. Adaptor yang rusak bisa disebabkan karena terlalu lama mencharge atau karena penyimpanannya yang tidak tepat.

3. Black screen

Black screen adalah kondisi ketika layar laptop tiba-tiba berubah hanya menampilkan warna hitam saja. Kondisi ini sering disalahartikan sebagai kondisi laptop yang tidak mau menyala, padahal sebenarnya layarnya yang bermasalah.

Kalau kamu mengalami kondisi ini, sebaiknya segera bawa ke service center untuk diperbaiki.

Penyebab Lainnya

4. Overheat

Jika laptop sudah terlalu lama digunakan, maka laptop akan terasa panas. Kalau suhu laptop sudah melebihi batasnya, maka laptop bisa saja jadi overheat dan timbul beberapa permasalahan seperti laptop tidak mau menyala.

5. Kerusakan karena RAM

Saat semua perangkat laptop terlihat baik-baik saja, tetapi laptop tetap tidak menyala, kemungkinan terjadi kerusakan pada RAM. RAM adalah perangkat keras yang ada pada laptop, untuk menyimpan data-data sementara. Biasanya kerusakan RAM terjadi karena memori terlalu penuh, rusak karena virus, atau RAM yang tersambung pada laptop kotor.

Untuk mengatasi laptop yang tidak mau menyala, sebaiknya segera bawa ke service center. Jangan mencoba memperbaiki sendiri karena belum tentu kamu bisa memperbaikinya hingga kondisinya kembali normal. Bisa-bisa niatmu ingin memperbaiki justru malah menambah kerusakan karena kamu tidak memahami mengenai laptop.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading