Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Baterai Laptop Bocor yang Harus Kamu Hindari

Fimela.com, Jakarta Laptop adalah salah satu perangkat elektronik yang cukup umum digunakan oleh kebanyakan orang. Sebagian besar orang saat ini pasti sudah mengenal bahkan menggunakan laptop dalam aktivitas sehari-hari. Keberadaan laptop saat ini sudah seperti smartphone atau ponsel yang dianggap sebagai kebutuhan primer, bukan lagi sarana hiburan saja. Hal tersebut dikarenakan laptop sangat berguna untuk membantu manusia dalam melakukan berbagai hal seperti salah satunya bekerja.

Namun karena merupakan buatan manusia, maka wajar jika masih ada beberapa permasalahan ketika menggunakannya. Salah satu permasalahan laptop yang sering terjadi adalah baterai laptop yang bocor. Tentunya permasalahan ini sangat mengganggu apalagi jika kamu mengalaminya ketika sedang bekerja.

Baterai laptop yang bocor membuatmu harus selalu mencharge ketika memakainya. Hal tersebut tentu merepotkan kalau kamu sedang bekerja di tempat yang tidak tersedia stop kontak untuk mencharge laptopmu. Lalu sebenarnya apa sih penyebab baterai laptop bocor? Simak penjelasan serta cara mengatasinya berikut ini.

Penyebab Baterai Laptop Bocor

1. Menggunakan Laptop Ketika Sedang Dicharge

Kebiasaan yang paling sering dilakukan saat menggunakan laptop adalah sambil dicharge. Kebiasaan ini adalah salah satu penyebab baterai laptop bocor karena baterai akan terganggu akibat harus mengeluarkan daya dan mengisi daya dalam waktu yang bersamaan. Hindari kebiasaan ini, idealnya charge laptop dilakukan saat laptop dalam keadaan mati dan dicharge hingga baterai penuh 100%.

2. Tidak Mencabut Charger Ketika Sudah Penuh

Hal yang sering dilakukan lainnya adalah membiarkan charger tetap terpasang meskipun baterai telah terisi penuh. Ini adalah kebiasaan yang dapat berakibat fatal, karena baterai terus dipaksa untuk mengisi daya ketika kapasitasnya sudah penuh. Akhirnya hal ini dapat membuat komponen di dalam baterai rusak.

 

 

 

Penyebab Baterai Laptop Bocor

3. Membiarkan Laptop Mati Total

Membiarkan laptop kehabisan daya hingga mati total adalah penyebab lain dari laptop baterai bocor. Hal ini dapat membuat komponen pada baterai menjadi cepat rusak karena harus dipaksa terus bekerja walaupun baterai sudah harus diisi. Sebaiknya, pengisian daya dilakukan pada saat baterai mencapai 20%. Lalu untuk laptop yang jarang dipakai sisakan daya baterai pada angka 40% sebelum disimpan dan simpanlah di tempat yang tidak lembab.

4. Menggunakan Colokan Bercabang

Melakukan pengisian daya dengan terminal atau colokan bercabang akan membuat arus listrik menjadi tidak stabil. Hal inilah yang dapat membuat komponen baterai di dalam baterai menjadi cepat rusak.

5. Membuka Banyak Aplikasi

Membuka banyak aplikasi dalam sekali penggunaan akan membuat baterai cepat habis karena menyedot daya yang sangat banyak di luar kapasitasnya. Selain baterai hal ini juga dapat mempengaruhi komponen lain di dalam laptop. Oleh sebab itu, usahakan untuk menutup aplikasi yang tidak digunakan agar dapat menghemat baterai.

Itulah beberapa penyebab baterai laptop bocor yang harus kamu hindari. Sebisa mungkin jangan lakukan hal-hal tersebut agar baterai laptopmu bisa awet dan umur laptopmu pun bisa lebih panjang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading