Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Baterai HP Bocor yang Sering Tidak Disadari

Fimela.com, Jakarta Ponsel atau sering disebut juga dengan smartphone merupakan hal yang umum di era sekarang ini. Sebagian besar orang di dunia ini sudah memiliki smartphone. Bahkan ponsel atau handphone (HP) sering juga dianggap sebagai sebuah kebutuhan primer, sama pentingnya dengan kebutuhan primer lainnya seperti rumah, pakaian dan makanan.

Ponsel dianggap sebegitu pentingnya karena ponsel dapat membantu manusia dalam melakukan apapun, misalnya dalam mencari informasi dengan cepat atau memberikan hiburan yang tidak terbatas. Oleh karena itu, banyak yang kemudian menganggap bahwa ponsel merupakan kebutuhan primer.

Namun selayaknya benda lainnya yang diciptakan manusia, ponsel atau HP juga punya kelemahan. Tidak jarang setelah digunakan selama beberapa waktu, baterai hp bocor. Ternyata ada beberapa hal yang menjadi penyebab baterai hp bocor. Apa saja? Yuk simak penyebab baterai hp bocor serta cara mengatasinya berikut ini.

1. Charge HP Tidak Sampai Penuh

Salah satu penyebab baterai HP bocor adalah karena charge HP tidak sampai penuh. Biasanya masalah tersebut terjadi pada smartphone yang menggunakan baterai jenis Lithium Ion (Li-Ion). Baterai jenis ini memang memiliki umur berdasarkan hitungan isi ulang yang sudah dilakukan oleh pengguna. Semakin sering isi ulang, walau tidak sampai 100 persen, maka usianya akan berkurang dan tidak lagi kuat.

Mulai sekarang, biasakan untuk charge HP sampai penuh. Jangan mencabut charge jika belum penuh.

2. Menggunakan HP Saat Kondisi Terlalu Panas

Suhu yang terlalu panas juga berpotensi jadi penyebab baterai bocor. Misalnya ketika terkena paparan matahari yang terik atau saat dipakai menjalankan game berat hingga menjadi sangat panas. Solusinya, istirahatkan dulu Hp atau smartphone milikmu. Bisa saja dengan mengurangi pemakaian di luar, atau memberi jeda cukup lama ketika memainkan game berat.

3. Charge Sebelum Baterai Melemah

Seperti halnya melepas charger ketika baterai belum penuh, melakukan pengisian sebelum baterai melemah juga menjadi salah satu penyebab baterai bocor. Pastikan kamu mengisi ulang baterai hanya ketika sudah dalam kondisi lemah, seperti 15 persen atau 10 persen sehingga tidak mengurangi usia baterai Li-Ion sebelum waktunya.

4. Menggunakan Charger yang Tidak Sesuai

Jangan lupa untuk memperhatikan charger yang kamu gunakan. Kamu perlu mengetahui berapa keluaran daya sebuah charger dan apakah daya tersebut tepat atau tidak untuk mengisi ulang baterai Hp-mu. Pasalnya daya yang tidak sesuai, berpotensi menjadi penyebab baterai bocor.

Kamu tak harus selalu menggunakan charger resmi demi menjaga baterai Hp tidak rusak. Apalagi sekarang sudah banyak sekali perusahaan aksesori yang mendapatkan lisensi pembuatan charger dari perusahaan smartphone, sehingga aman untuk dipakai. Hanya saja, perhatikan keluaran arusnya supaya tidak merusak baterai Hp.

5. Charge HP Semalaman

Apakah kamu sering memasang charger ke Hp dan meninggalkannya tidur semalaman? Sebaiknya segera ubah kebiasaan kamu karena hal ini bisa jadi penyebab baterai bocor atau rusak.

Memang tujuanmu adalah supaya baterai Hp dalam kondisi penuh ketika bangun di pagi hari. Namun tindakan tersebut justru berpotensi merusak karena baterai tersebut terus mendapat pasokan listrik meski sudah penuh. Biasakan untuk segera mencabut charger ketika baterai sudah penuh.

Nah itulah beberapa penyebab baterai bocor yang wajib kamu ketahui. Kalau sudah tahu penyebabnya, sebaiknya hindari hal-hal tersebut agar baterai HPmu bisa terjaga ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading