Sukses

Lifestyle

Kapan Malam Laitul Qadar Terjadi? Ini Doa untuk Menyambutnya

Fimela.com, Jakarta Saat ini Ramadan telah sampai di 10 hari kedua. Artinya, tak lama lagi akan sampailah pada 10 hari terakhir Ramadan. Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat istimewa. Di bulan ini Allah memberikan pahala yang berlipat ganda kepada hambanya yang tulus dan ikhlas dalam beribadah. Di dalam bulan Ramadan, juga ada satu malam yang kemuliaannya lebih baik dari 1000 bula. Malam itu adalah Lailatul Qadar. 

BACA JUGA: Surat Al Qadr Dan Artinya, Beserta Makna Dan Keutamaannya

Mengenai Lailatul Qadar? Kira-kira kapan malam ini akan terjadi?

Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Pada malam Lailatul Qadar, para malaikat akan turun ke bumi dan memberi syafaat kepada orang-orang yang senantiasa menghidupkan malam ini. Allah juga menjanjikan melapangkan rezeki bagi orang-orang yang senantiasa meminta dengan tulus dan dikehendaki-Nya. 

Dalam Al-Quran, surah Al-Qadr ayat 1-5 Allah SWT Berfirman: 

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ.  وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِۗ.  لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ. تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛ. سَلٰمٌ ۛهِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِ 

Bacaan:  innā anzalnāhu fī lailatil-qadr. wa mā adrāka mā lailatul-qadr. lailatul-qadri khairum min alfi syahr. tanazzalul-malā`ikatu war-rụḥu fīhā bi`iżni rabbihim, ming kulli amr. salāmun hiya ḥattā maṭla'il-fajr.

Artinya: Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam qadar. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.  (QS. Al Qadr, 1-5).

Kapan Malam Lailatul Qadar Terjadi?

Dalam beberapa riwayat dijelaskan jika malam Lailatul Qadar umumnya terjadi pada satu malam di sepuluh malam terakhir bulan Ramadan. Malam yang paling utama adalah malam-malam ganjil atau malam 21, 23, 25, 27 dan 29 Ramadan.

"Carilah Lailatur Qadar pada tanggal-tanggal ganjil dari sepuluh hari akhir bulan Ramadan." (HR. Bukhari).

Dalam sebuah riwayat, juga dijelaskan situasi dan suasana pada malam Lailatul Qadar. Hadis riwayat dari Ibnu Abbas, Rasullulah SAW bersabda:

"Lailatul Qadar adalah malam yang penuh kemudahan dan kebaikan, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar tidak begitu cerah dan tampak kemerah-merahan yang begitu menghangatkan dan menenangkan." (HR. Al Baihaqi).

Doa Menyambut Lailatul Qadar

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam at-Tirmidzi, Aisyah RA pernah bertanya kepada Rasulullah SAW mengenai bagaimana ia harus doa saat bertemu dengan malam Lailatul Qadar. Berikut hadisnya:

يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَىُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ الْقَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا قَالَ قُولِى اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

"Wahai Rasulullah, bagaimana bila aku mengetahui malam Lailatu Qadar, apa yang harus aku ucapkan?"

Dan Rasulullah SAW pun menjawab pertanyaan Aisyah RA. Berikut hadisnya:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Bacaan: Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwan fa'fu 'anni

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, dan Engkau menyukai maaf, maka maafkan aku."

Itulah sekilas mengenai malam Lailatul Qadar. Yuk, semangat berburu malam Lailatul Qadar. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading