Sukses

Lifestyle

5 Sifat Perempuan Sulung yang Dikagumi Banyak Orang

Fimela.com, Jakarta Terlahir sebagai anak pertama atau anak sulung, kamu mungkin dihadapkan pada banyak tekanan dan tuntutan yang lebih berat dibandingkan adik-adikmu. Selain itu, kamu pun mungkin sudah terbiasa hidup lebih mandiri sejak kecil. Semua pengalaman masa kecil dan lingkungan serta pengasuhan orangtua bisa membentuk kepribadianmu dengan cara yang unik.

Alfred Adler, seorang psikolog, dokter, terapis, sekaligus pendiri awal aliran psikologi individual memiliki teori bahwa meskipun anak-anak dilahirkan dari keluarga yang sama, urutan kelahiran mereka punya pengaruh besar pada perkembangan psikologisnya. Kali ini, kita akan bahas lima hal yang menjadi kelebihan perempuan sulung. Meskipun tidak semua anak sulung punya kesamaan kepribadian, tetapi ada sifat-sifat umum yang membuatnya mudah dikagumi orang. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Mandiri

Kamu terbiasa mandiri sejak belia. Banyak hal yang terbiasa kamu lakukan sendiri. Sehingga kemandirianmu pun lebih kuat. Kemandirian yang kamu miliki ini membuat pribadimu jadi lebih tangguh. Kamu pun mudah diandalkan di berbagai situasi, dan ini bisa membuat banyak orang mengagumimu.

 

 

2. Sangat Perhatian

Kamu sangat peduli pada orang lain. Karena kamu punya banyak pengalaman dalam merawat dan menjaga adik-adikmu, kamu pun bisa menjadi pribadi yang penuh perhatian. Kamu selalu ada bagi mereka yang membutuhkan bantuan. Sifatmu yang penuh perhatian bisa membuat orang-orang di sekitarmu sangat nyaman.

 

 

3. Karismatik

Ada jiwa kepemimpinan yang tinggi dari dirimu. Kamu bisa menjadi pemimpin yang baik dan bertanggung jawab. Hal ini pun membuatmu tampak makin karismatik. Kemampuanmu menjadi pemimpin yang baik atau memberi pengaruh yang baik untuk orang-orang di sekitarmu membuatmu tampak mengagumkan dan penuh pesona.

 

 

4. Pekerja Keras

Kamu punya etos kerja yang hebat. Melansir laman Bustle, anak sulung umumnya sangat berorientasi pada pencapaian. Apalagi ketika masih kecil, anak sulung kerap dihadapkan pada situasi harus menerima orangtua yang memberi perhatian yang lebih banyak ke adik-adiknya. Anak sulung bisa merasa dituntut untuk berusaha lebih keras agar mendapat perhatian orangtua atau menyenangkan hati mereka.

 

 

5. Bertanggung Jawab

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Child Development menemukan bahwa anak sulung lebih cenderung menyesuaikan diri. Punya rasa tanggung jawab besar untuk mematuhi aturan atau mengikuti arahan. Ketika berada di sebuah situasi baru, anak sulung bisa lebih memilih untuk beradaptasi dengan situasi yang ada tanpa harus memberontak atau menyalahkan keadaan.

Kalau kamu sendiri sebagai anak sulung, kira-kira karakter apa lagi yang membuatmu tampak lebih menarik dan menonjol dibanding orang lain? Semoga kualitas diri positif dalam dirimu bisa membentuk mentalmu jadi lebih kuat lagi, ya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading