Sukses

Lifestyle

5 Cara agar Makin Bahagia dengan Hidup Minimalis

Fimela.com, Jakarta "Menerapkan hidup minimalis berarti melawan keinginan untuk menghadirkan tiruan dunia luar di dalam rumah kita sendiri," tulis Francine Jay dalam bukunya, Seni Hidup Minimalis. Selama ini kita mungkin masih sering beranggapan bahwa untuk bahagia harus memiliki segalanya. Kemewahan dan semua yang serba banyak seakan menjadi satu-satunya sumber kebahagiaan. Padahal hidup sederhana dan minimalis pun bisa tetap membuat kita bahagia.

Bahkan kita bisa makin bahagia dengan gaya hidup minimalis. Caranya bisa dengan mulai menerapkan strategi sederhana ini. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

1. Menghadirkan Perasaan cukup

Ada sebuah istilah menarik dari Tiongkok terkait kebahagiaan, yaitu xingfu. Xingfu (keadaan bahagia), mengutip buku The Atlas of Happiness, berasal dari kata xin, bahasa Mandarin yang artinya "beruntung", dan fu yang artinya "berkecukupan" atau "sekadar memiliki apa yang kau butuhkan dalam hidup". Istilah xingfu berasal dari Dinasti Han, dinasti kekaisaran kedua Tiongkok yang memerintah dari 206 SM hingga 220 M. Secara lebih luas lagi, istilah ini mengacu pada kondisi kita harus bahagia dengan apa yang sudah kita miliki. Kita bisa menghadirkan perasaan cukup untuk bisa bahagia. Dengan rasa cukup di hati, kebahagiaan akan bersemayam lebih dalam di jiwa.

2. Memastikan Kerapian Tempat Tinggal

Di mana pun kamu berada, usahakan untuk memastikan segalanya rapi. Setidaknya ruang atau tempat yang kamu tinggali dalam keadaan bersih. Gaya hidup minimalis memungkinkamu untuk memiliki barang yang tak berlebihan. Sehingga kamu bisa lebih menata kerapian dan kebersihan dengan lebih efisien. Kebahagiaan bisa hadir saat kita berada di tempat yang nyaman dan bersih.

3. Memperbanyak Pengalaman Baru

Dengan sedikit barang yang dimiliki, kamu bisa memiliki lebih banyak kebebasan untuk melakukan banyak hal dan menghadirkan pengalaman hidup yang baru. Saat kamu tak lagi terikat dengan kepemilikan barang yang berlebihan, kamu memiliki kebebasan yang memudahkanmu untuk memperkaya jiwamu. Mencoba banyak pengalaman baru akan hadirkan warna-warni berbeda dalam hidup, dan membuat hidupmu terasa lebih bahagia.

4. Membuat Sesuatu yang Bermakna

Mengutip buku Yes to Life, dalam pandangan Viktor E. Frankl yang dikenal sebagai pencetus Logoterapi, ada tiga cara utama yang bisa dilakukan untuk memenuhi makna hidup. Salah satunya adalah melalui tindakan atau aksi. Sebagai contoh, menciptakan sebuah karya, bisa dalam bentuk seni atau kegiatan apa pun yang dicintai. Kebahagiaan bisa hadir saat kita merasa hidup kita bermakna. Kamu pun bisa coba untuk membuat sesuatu atau karya yang memberi arti dalam hidup untuk hadirkan kebahagiaan baru.

5. Memiliki Hobi yang Menyenangkan

Dengan gaya hidup minimalis, kamu justru bisa lebih bebas mengeksplorasi banyak hal baru di sekitarmu. Bisa juga menekuni hobi baru yang menyenangkan. Saat ada hobi yang bisa ditekuni, ada semangat untuk menjalani hari dengan lebih banyak tersenyum. Waktu luang pun jadi terasa lebih menyenangkan saat ada hobi yang bisa ditekuni.

Itu tadi lima cara sederhana yang bisa kamu coba untuk bisa lebih bahagia dengan gaya hidup minimalis. Semoga informasinya bermanfaat, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading