Sukses

Lifestyle

5 Rutinitas Baru untuk Membuat Hidupmu Makin Bahagia

Fimela.com, Jakarta “You have to participate relentlessly in the manifestation of your own blessings.” (Elizabeth Gilbert) Pada dasarnya kita perlu terjun langsung dalam perwujudan anugerah kita. Untuk bisa mendapatkan kebahagiaan misalnya, kita perlu secara sadar berani untuk mengupayakan dan mengusahakannya sendiri.

Ada sejumlah rutinitas yang sebenarnya sederhana tapi bisa membuat hidupmu terasa lebih menyenangkan. Hatimu bisa makin bahagia dengan menerapkan rutinitas-rutinitas ini.

 

 

1. Tertawa 15 Menit per Hari

Coba luangkan waktu untuk bisa tertawa setidaknya 15 menit per hari. Bisa dengan menonton video lucu atau berbagi kelakar dengan orang terdekat. Mengutip buku Why Men Lie and Women Cry, "Tawa dan tangis memerintahkan otak untuk melepaskan endorfin ke aliran darah. Endorfin adalah suatu bahan kimia yang memiliki komposisi serupa dengan morfin dan heroin, dan berefek menenangkan pada tubuh, sementara pada saat yang sama, membangun sistem imun. Ini menjelaskan mengapa orang yang bahagia jarang sakit dan orang murung yang banyak mengeluh sepertinya sering sakit." Dengan menghadirkan tawa dalam keseharian, hatimu bisa lebih mudah bahagia.

 

 

2. Minum Minuman Sehat

Selain mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan air putih, bisa lebih rutin lagi dalam mengonsumsi minuman sehat. Seperti segelas susu hangat karena, melansir laman rodalenews.com, kandungan triptofan asam amino di dalamnya bisa menenangkan tubuh dan pikiran. Jus buah yang kaya vitamin C, segelas cokelat hangat, atau minuman teh herbal juga bisa dikonsumsi untuk hadirkan kenyamanan hingga redakan stres.

 

 

3. Berolahraga 150 Menit per Pekan

Melansir laman medicalnewstoday.com, menurut American Heart Association, melakukan olahraga aerobik selama 150 menit dengan intensitas sedang per minggu dapat menurunkan kolesterol dan menurunkan tekanan darah tinggi. Aktivitas olahraga yang rutin juga bisa bantu jernihkan pikiran. Saat pikiran terasa lebih jernih, kebahagiaan jadi lebih mudah dirasakan.

 

 

4. Membuat Jadwal Kerja yang Produktif

Cobalah untuk membuat jadwal kerja yang lebih produktif. Kebahagiaan bisa hadir dengan adanya kepuasan batin mengerjakan atau menekuni sesuatu. Rutinitas bekerja bisa menjadi salah satu sumber kebahagiaan kita juga. Jadi, coba manfaatkan waktu dengan mengerjakan sesuatu yang bermakna.

 

 

5. Menulis Jurnal atau Buku Harian

Seseorang yang rutin menulis jurnal akan sangat terbantu untuk menstabilkan emosinya melalui aktivitas menulis. Sehingga ia tidak mudah stres. Kamu pun bisa menemukan kenyamanan dan kebahagiaan sendiri dengan rutini menulis buku harian atau jurnal. Setidaknya dengan cara ini kamu bisa memiliki kesadaran diri yang lebih baik dalam menjalani hidup.

Itu tadi lima rutinitas yang bisa mulai kamu coba untuk meraih kehidupan yang lebih bahagia. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading