Sukses

Lifestyle

Urutan Perawatan Wajah Pria Sehari-hari yang Tidak Boleh Terlewatkan

Fimela.com, Jakarta Perawatan wajah seringkali dikaitkan dengan perempuan. Hal ini wajar sebab di antara perempuan dan laki-laki yang paling banyak merawat wajah adalah perempuan. Namun bukan berarti wajah pria tidak wajib dirawat.

Merawat wajah bukan bertujuan agar lebih cantik, namun agar kulit wajah lebih sehat dan bersih. Tentunya siapapun, baik perempuan maupun laki-laki, pasti mau punya wajah yang bersih dan terawat. Selain itu, wajah yang bersih dan terawat akan membuat penampilan terlihat lebih baik danĀ meningkatkanĀ percaya diri.

Namun mungkin masih banyak pria yang masih bingung dengan urutan perawatan wajah yang benar. Sebenarnya urutan perawatan wajah pria tidak jauh berbeda dengan perempuan, hanya ada sedikit perbedaan saja. Berikut urutan perawatan wajah pria yang bisa kamu ikuti.

1. Membersihkan Wajah

Tahap pertama dalam perawatan wajah adalah membersihkan wajah. Perawatan wajah di pagi hari dan malam hari agak sedikit berbeda. Untuk merawat wajah di pagi hari, kamu bisa langsung membersihkan wajahmu menggunakan sabun muka.

Pilihlah sabun muka sesuai dengan keluhan di wajahmu. Biasanya kulitĀ wajah pria lebih tebal dan lebih berminyak daripada perempuan, jadi terkadang sabun wajah perempuan kurang cocok untuk membersihkan wajah pria. Namun kalau ternyata kamu lebih cocok menggunakan sabun wajah perempuan pun juga tidak masalah.

Di malam hari, kamu bisa menggunakan sabun wajah yang sama, namun sebelumnya bersihkan terlebih dahulu menggunakan produkĀ cleanserĀ khusus sepertiĀ micellar water, cleansing oil atauĀ produk lainnya yang cocok denganmu. Tahapan ini dinamakan tahapĀ double cleansing.

TahapĀ double cleansingĀ dilakukan dengan tujuan membersihkan kotoran-kotoran yang menempel di kulitmu setelah seharian beraktivitas. Biasanya kotoran ini tidakĀ bisa hilang hanya dengan sabun wajah saja, jadi kamu perluĀ cleansing khusus seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

2. Scrub atau Exfoliator

Untuk tahap scrub atau exfoliator, kamuĀ tidak boleh menggunakan terlalu sering, cukup sekali atau dua kali seminggu saja. Hal ini dikarenakan scrub atau exfoliator bertujuan untuk mengangkat kulit mati. Terlalu sering menggunakan scrub bisa membuat kulitmu jadi perih dan lebih sensitif.

Perbedaan scrub dan exfoliator sendiri adalah pada tekstur dan cara pemakaiannya. Scrub bertekstur agak kasar dan biasanya digunakan dengan cara dioleskan di seluruh wajah dan sedikit dipijat-pijat lalu kemudian dibilas. Sedangkan exfoliator biasanya berupa cairan seperti air yang digunakan dengan cara dituangkan sedikit ke tangan, baru ditepuk-tepukkan ke wajah. Exfoliator tidak perlu dibilas.

Keduanya bisa kamu gunakan di pagi maupun malam hari, namun dengan catatan kamu wajib menggunakanĀ sunscreenĀ jika ingin menggunakannya di pagi hari agar terhindar dari iritasi akibat paparan sinar matahari.

3. Masker

Masker wajah punya beberapa jenis. Agar tidak bingung, berikut beberapa jenis masker wajah sesuai dengan cara penggunaannya:

1. MaskerĀ wash-off

Maske wash-off merupakan masker yang penggunaannya denganĀ caraĀ dioleskan secara merata ke seluruh wajah, kemudian diamkanĀ selama 10 hingga 15 menit sampai mengering. Setelah kering, masker dibilas hingga bersih.

2. MaskerĀ peel-off

Berbeda dengan maskerĀ wash-off,Ā maskerĀ peel-off tidak dibilas. Cara penggunaan masker yang satu ini adalah dengan dioleskan ke seluruh wajah secara merata dan didiamkan hingga mengering. Setelah itu, barulah masker dikelupas secara perlahan.

3. Sheet mask

Sesuai namanya, masker iniĀ bentuknya seperti lembaran tisu. Masker iniĀ mengandung berbagai macamĀ essenceĀ atau toner. Cara penggunaannya cukup letakkan lembaran sheet maskĀ di wajah dan biarkan selama 10 hingga 15 menit. Berbeda dengan kedua masker sebelumnya,Ā sheetmask tidak akan mengering. Setelah 10 hingga 15 menit,Ā sheetmaskĀ bisa kamu lepas kemudian tepuk wajah perlahan agar essence yang ada dalam sheetmask bisa meresap maksimal.

Kamu bisa pilih masker berdasarkan permasalahan kulitmu seperti kulit berminyak, berjerawat, dan lainnya.

4. Pelembab

Tahapan perawatan wajah pria selanjutnya adalah pelembab. Seperti namanya, pelembab ditujukan untuk memberikan kelembapan pada wajah.Ā Sebagian besar pria beranggapan kalau kulitnya berminyak maka tidakĀ memerlukan pelembap. Padahal pelembap wajib digunakan tidak hanya untuk kulit kering saja namun kulit berminyak pun juga butuh pelembap.

Kulit yang berminyak sendiri bukan berarti kulit sudah cukup terhidrasi. Kulit yang berminyak terjadi karena kelenjar minyak memproduksi banyak sebum atau minyak.Ā SedangkanĀ kulit yang sudah cukup terhidrasi adalah kulit yang kebutuhan airnya sudah terpenuhi. Bisa saja kulitmu berminyak namun kebutuhan airnya masih kurang sehingga kulitmu masih belum cukup terhidrasi.

Tidak menggunakan pelembab justru akan membuat kulitmu semakinĀ berminyak lho, Sahabat Fimela. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan kulit yang dehidrasi karena kebutuhan airnya tidak terpenuhi akan beranggapan kalau kulit memerlukan produksi minyak lebih banyak. Oleh karena itu kulit yang dehidrasi akan memicu produksi minyak yang lebih banyak lagi. Nah kalau produksi minyak ini terhambat bisaĀ timbul masalah baru seperti jerawat.

Agar tetap nyaman, kamu bisa coba gunakan pelembabĀ khusus untuk kulit berminyak. Biasanya pelembab ini bertekstur ringan sehinggaĀ akan tetap terasa nyaman meskipun kulitmu berminyak.

5. Sunscreen

Tahap terakhir dari perawatan wajah pria yang tidak boleh dilewatkan adalah sunscreen. Sunscreen berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar UV dari matahari. Tidak hanya itu, sunscreenĀ berfungsi untuk memaksimalkan kerja skincare lainnya di bawahnya. Sunscreen hanya wajib digunakan di pagi hari saja.

Itulah urutan perawatan wajah pria sehari-hari yang tidak boleh kamu lewatkan.Ā Kalau disimpulkan, urutannya adalah sebagai berikut: sabun wajah - scrub atau exfoliator (seminggu sekali/dua kali) - masker (seminggu sekali/dua kali) - pelembab. Di malam hari, tambahkanĀ double cleansingĀ sebelum membersihkan wajah dengan sabun wajah, dan di pagi hari tambahkan sunscreen setelah pelembab. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading