Sukses

Lifestyle

Cara Membersihkan Noda Spidol Permanen di Baju

Fimela.com, Jakarta Penampilan adalah hal yang cukup penting. Hal ini dikarenakan penampilan adalah hal pertama yang dilihat oleh orang lain dari dirimu. Orang lain bisa menilai kualitas dirimu melalui penampilanmu. Jika penampilanmu rapi, tentu akan memberikan kesan pertama yang positif untuk orang lain yang melihat.

Penampilan bisa dilihat dari pakaian yang kamu kenakan, sepatu maupun riasan makeup atau gaya rambutmu. Pakaian yang kamu gunakan pun bisa jadi menarik kalau kamu mengenakan pakaian yang sesuai, baik sesuai dengan kegiatan yang kamu lakukan atau sesuai warnanya.

Warna pakaian yang paling mudah dipadupadankan adalah warna pakaian yang netral, misalnya warna putih, hitam atau coklat. Oleh karena itu, memiliki baju dengan warna-warna tersebut sangat dianjurkan karena bisa menyelamatkanmu dari kebingungan ketika ingin memadu padankan pakaian.

Sayangnya baju berwarna putih mudah sekali kotor. Terkadang sedikit kotoran saja bisa berakibat sangat buruk pada baju warna putih. Kalau nodanya seperti noda tanah mudah hilang hanya dengan bilasan air sabun saja maka tidak masalah. Namun terkadang ada beberapa noda yang sulit dihilangkan seperti noda spidol permanen.

Lalu bagaimana cara membersihkan baju dari noda spidol permanen? Simak penjelasannya berikut ini.

Gunakan Alkohol 70%

Kamu bisa menghilangkan noda spidol permanen di baju menggunakan alkohol 70% yang biasa digunakan untuk mensterilkan barang-barang di rumah. Caranya cukup mudah. Tempatkan handuk kertas di atas meja, baru letakkan baju yang terkena noda di atasnya. Handuk kertas tersebut bertujuan melindungi meja agar permukaannya tidak rusak terkena alkohol.

Basahi cotton bud dengan alkohol, lalu oleskan ke bagian baju yang terkena noda. Oleskan dengan gerakan dari luar ke dalam agar noda tidak menyebar. Nantinya noda akan berpindah dari baju ke cotton bud yang kamu gunakan. Jika noda sudah memudar, kamu bisa lanjutkan dengan mencuci bajumu seperti biasa. Namun jika belum, ulangi tahapan di atas sampai noda benar-benar memudar.

Gunakan Pemutih Pakaian

Untuk baju putih, kamu bisa hilangkan noda spido permanen menggunakan larutan pemutih pakaian. Caranya tinggal rendam bagian pakaian yang terkena noda selama minimal 4 jam atau semalaman. Namun ingat, cukup rendam bagian baju yang terkena noda saja ya, jangan seluruhnya.

Jika noda masih belum hilang, kamu bisa coba ulangi rendam lagi. Setelah noda spidol permanen hilang, kamu bisa lanjutkan dengan mencuci baju seperti biasa, bisa dengan cara dikucek manual atau menggunakan mesin cuci.

Sayangnya pemutih pakaian tidak bisa digunakan ke semua bahan pakaian. Ada beberapa bahan pakaian yang bisa rusak jika terkena pemutih pakaian seperti bahan wol, sutra atau kulit.

Cara Menghilangkan Noda Lainnya

1. Noda susu formula

Untuk membersihkan noda susu formula yang masih segar, rendamlah terlebih dahulu di dalam air dingin. Setelah itu, buatlah larutan rahasia dengan menggunakan pelunak daging (meat tenderizer) yang dicampurkan dengan air. Gosokkan larutan tersebut ke dalam kain, bilas dan cuci.

2. Noda kopi, teh atau jus

Cara menghilangkannya mudah kok, kamu hanya perlu menuangkan cuka putih di atas noda tersebut, kemudian cuci hingga bersih.

3. Noda wine

Untuk menghilangkan noda merah dari wine, kamu dapat mencampurkan deterjen cair dan hidrogen peroxide sebelum membilasnya dengan air.

4. Noda darah

Ketika kamu jatuh dan terluka, maka noda darah mungkin saja menempel pada pakaianmu yang bersih.

Namun jangan khawatir, kamu masih bisa membersihkannya kok. Kamu hanya cukup merendam pakaianmu ke dalam air garam yang telah dicampur dengan air dingin. 

Selain itu, kamu juga dapat menghilangkannya dengan hidrogen perixode kalau noda darah tersebut cukup membandel dan sulit dihilangkan.

5. Noda karat

Untuk noda yang satu ini, kamu dapat menghilangkannya hanya dengan mencampurkan 1/4 cangkir boraks dengan 2 gelas air. Setelah itu, rendamlah pakaian dalam larutan yang telah kamu buat. Bilas, dan keringkan.

6. Noda foundation

Bagi perempuan yang hampir setiap hari mengenakan makeup, pasti sudah cukup familiar dengan noda foundation yang menempel di pakaianmu. Namun jangan khawatir. Menghilangkan noda foundation tidak sulit kok.

Kamu dapat membersihkannya dengan sabun cuci piring cair, kemudian bilaslah dengan air panas.

7. Noda lipstik

Meski sama-sama makeup, namun penanganan noda lipstik berbeda dengan foundation. Untuk membersihkannya, kamu dapat menuangkan isopropil alkohol cair sebelum mencuci dan membilasnya.

Itulah cara membersihkan noda spidol permanen di baju serta noda-noda membandel lainnya. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading