Sukses

Lifestyle

7 Tips Penting agar Rumah Tetap Aman saat Ditinggal Mudik

Fimela.com, Jakarta Mudik ke kampung halaman menjelang Lebaran adalah sebuah tradisi yang kerap dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama bagi para perantau yang bekerja di luar kota dan jauh dari keluarga. Sahabat Fimela pun pasti sudah ada yang punya rencana mudik. Bahkan mungkin sudah merencanakannya sejak jauh-jauh hari.

Pergi mudik bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Namun, yang sering mengganjal di benak para pemudik biasanya adalah bagaimana meninggalkan rumah yang kosong agar tetap aman saat ditinggal mudik. Supaya hati lebih tenang saat pergi mudik, pastikan rumah benar-benar aman. Berikut ini ada sejumlah tips dari Pegipegi yang bisa Sahabat Fimela ikuti agar rumah tetap aman saat ditinggal mudik Lebaran. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Kunci Semua Pintu dan Jendela Rumah

Mengunci pintu dan jendela adalah hal yang paling penting dilakukan saat akan meninggalkan rumah. Pintu dan jendela biasanya menjadi jalan utama yang paling memungkinkan masuknya pencuri. Jadi, jangan sampai lupa mengunci semua pintu dan jendela rumah. Selain itu, jangan meninggalkan kunci di bawah pot, keset, atau tempat lainnya karena kunci yang ditinggalkan di tempat-tempat seperti itu sangat mudah ditemukan oleh pencuri.

 

2. Cabut Semua Colokan Listrik atau Gas

Korsleting listrik sering kali menjadi penyebab terjadinya kebakaran di rumah. Sebelum pergi mudik, periksa dan matikan semua perangkat elektronik yang ada di rumah. Setelah itu, cabut semua colokan yang masih terpasang di stopkontak serta cabut selang gas yang masih terpasang untuk menghindari kebakaran.

 

 

3. Simpan Semua Barang Berharga di Tempat yang Aman dan Terkunci

Anda akan pergi meninggalkan rumah dalam waktu yang lama. Maka, sebaiknya simpan semua barang-barang berharga, seperti perhiasan, surat-surat yang penting atau uang di tempat yang memiliki kunci, seperti laci kecil dalam lemari atau safety box. Lalu bawa kunci tersebut agar tidak ada yang bisa membukanya.

 

 

4. Tutup Semua Lubang Pembuangan

Menjaga kebersihan rumah juga merupakan hal penting saat pergi mudik. Hal ini untuk menghindari masuknya hewan-hewan seperti kecoa, tikus, semut dan lain sebagainya. Bersihkan seluruh ruangan di rumah dan tutup lubang-lubang pembuangan sebelum pergi. Jangan lupa buang semua sampah yang ada di rumah supaya tidak timbul bau busuk

 

 

5. Jangan Tunjukkan Kalau Rumah Sedang Kosong

Rumah yang terlihat kosong dapat menarik perhatian para pencuri. Oleh karena itu, penting untuk mengecoh orang-orang jahat yang biasanya mengincar rumah-rumah kosong dengan beberapa hal mudah yang bisa dilakukan. Contohnya, pasanglah lampu yang bisa diatur kapan harus menyala dan mati sehingga bisa menyala otomatis saat malam dan mati otomatis saat pagi tiba. Selain itu, Sahabat Fimela juga bisa menaruh sandal atau sepatu di depan rumah agar terlihat seperti ada orang di dalam.

 

 

6. Laporkan pada RT dan Satpam Setempat

Beri tahu satpam di komplek bahwa kamu akan meninggalkan rumah dalam beberapa waktu. Dengan begitu, satpam tersebut bisa membantu agar lebih mengawasi rumah setiap harinya selama kamu mudik. Laporkan juga pada Ketua RT setempat bahwa rumahmu kosong. Jadi, jika ada sesuatu hal buruk yang terjadi, bisa segera ditindaklanjuti.

 

 

7. Pasang Alarm Keamanan dan Kamera CCTV Bila Perlu

Sebelum pergi, pastikan memeriksa dan mengunci semua akses masuk ke rumah. Akan lebih baik dengan memasang alarm di rumah untuk keamanan ekstra. Bisa juga memakai gembok ber-alarm untuk pagar rumah. Dengan begitu, alarm akan berbunyi nyaring saat rumahmu dimasuki secara paksa sehingga tetangga dan petugas keamanan bisa langsung bertindak saat mendengar bunyi alarm tersebut.

Kamera pengawas atau CCTV menjadi alternatif yang paling baik jika kamu ingin merasa lebih tenang ketika meninggalkan rumah, apalagi untuk mudik dalam waktu yang cukup lama. Kamera CCTV ini memungkinkan kita untuk bisa mengawasi keadaan dan kondisi rumah dari jarak jauh, di mana pun dan kapan pun. Pasang kamera CCTV pada area yang memungkinkan akses vital yang ada di rumah seperti area halaman depan, pintu masuk depan, pintu belakang, ruang tengah, hingga halaman belakang.

Itu tadi beberapa tips penting yang perlu diperhatikan dan diikuti saat meninggalkan rumah untuk mudik Lebaran. Semoga infonya bermanfaat untuk Sahabat Fimela sekalian, ya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading