Sukses

Lifestyle

7 Tips Mudik Aman dan Nyaman, Puasa pun Lancar

Fimela.com, Jakarta Lebaran sudah di depan mata! Sebagian besar masyarakat pun sudah melakukan mudik. Tidak heran, terminal, stasiun, maupun bandara juga mulai dipadati oleh para pemudik. Apakah Sahabat Fimela juga yang termasuk sedang mempersiapkan diri melakukan perjalanan mudik?

Kementerian Perhubungan memperkirakan sebanyak 123,8 juta orang akan melakukan perjalanan selama periode Lebaran 2023 ini. Aktivitas mudik tentunya membutuhkan persiapan yang matang karena para pemudik melakukan perjalanan jauh dengan barang bawaan yang tidak sedikit.

Selain harus berjibaku dengan pemudik lain di jalan, Sahabat Fimela juga harus menahan haus dan lapar saat berpuasa. Agar mudik aman dan nyaman, juga kualitas puasa tetap terjaga meski sedang dalam perjalanan mudik, berikut tips dari Pegipegi.

1. Packing saat Malam Hari

Pada saat mudik, biasanya kita menghabiskan waktu yang cukup lama di kampung halaman. Artinya, diperlukan barang bawaan yang tidak sedikit, belum lagi oleh-oleh untuk keluarga. Packing memerlukan tenaga dan ketelitian ekstra sehingga bawaan Sahabat Fimela bisa lebih rapi dan mudah dibawa saat perjalanan. Maka dari itu, packing sebaiknya dilakukan saat malam hari setelah berbuka. Saat Sahabat Fimela sudah punya tenaga lebih, aktivitas packing pun bisa dilakukan lebih maksimal.

 

 

2. Sahur dengan Menu Sehat dan Porsi yang Cukup

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan Sahabat Fimela tidak melewatkan makan sahur. Mudik membutuhkan energi, karena biasanya sarana transportasi umum sangat padat dan Sahabat Fimela harus berjibaku dengan pemudik lain. Maka dari itu, pastikan Sahabat Fimela mengonsumsi makanan sehat dan porsi yang cukup agar mempunyai tenaga.

3. Konsumsi Multivitamin

Terkadang, makanan sehat saja belum cukup. Sahabat Fimela bisa tambahkan konsumsi multivitamin sebagai cadangan energi saat mudik. Untuk wanita, Sahabat Fimela bisa pilih multivitamin yang mengandung banyak asam folat dan zat besi. Sedangkan untuk pria, pilih yang kandungan vitamin dan mineralnya lebih tinggi. Tujuannya, yaitu agar kondisi fisik dalam perjalanan dapat terjaga dengan baik.

 

 

4. Pilih Keberangkatan di Malam Hari

Jika perjalanan berlangsung cukup panjang, Sahabat Fimela sebaiknya melakukannya di malam hari. Perjalanan di malam hari memungkinkan Sahabat Fimela untuk bisa beristirahat secara optimal. Ditambah lagi, Sahabat Fimela bisa bebas makan dan minum selama perjalanan. Jadi, puasa Sahabat Fimela tidak akan terganggu.

5. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Jika mudik, gunakanlah pakaian yang nyaman. Jangan menggunakan pakaian yang terlalu tebal dan panas. Gunakan pakaian yang sedikit longgar agar Sahabat Fimela bisa bergerak bebas. Pastikan juga Sahabat Fimela membawa jaket atau selimut untuk mengatasi hawa dingin di dalam transportasi mudik.

 

 

6. Charge Penuh Smartphone

Sebelum mudik, pastikan Sahabat Fimela mengisi daya baterai smartphone hingga penuh. Hal ini agar memudahkan Sahabat Fimela berkomunikasi selama perjalanan. Gunakan smartphone Sahabat Fimela untuk hal yang penting saja agar baterai lebih hemat.

7. Bawa Camilan dan Istirahat Cukup

Jika perjalanan Sahabat Fimela akan bertemu dengan waktu buka atau sahur, pastikan Sahabat Fimela membawa makanan cadangan dan camilan. Apalagi, jika Sahabat Fimela mudik bersama dengan anak-anak. Camilan dan makanan cadangan ini wajib tersedia, terutama jika ternyata Sahabat Fimela terpaksa harus membatalkan puasa karena situasi mudik yang berat.

Sebelum berangkat mudik, sebaiknya Sahabat Fimela menjaga kesehatan agar tetap bugar selama dan setelah di perjalanan. Salah satu caranya, yaitu dengan tidur dan makan dengan cukup.

Itu dia tips mudik aman dan nyaman dari Pegipegi. Semoga infonya bermanfaat, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading