Sukses

Lifestyle

7 Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat Selama Mudik Lebaran

Fimela.com, Jakarta Hari raya idul fitri adalah momentum kumpul bersama keluarga. Banyak orang sengaja meluangkan waktu untuk pulang ke kampung halaman dan berjumpa dengan kerabat. Baik dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum, segala cara akan ditempuh agar bisa merayakan lebaran dikampung.

Menempuh jarak jauh perlu persiapan yang matang. Mulai dari barang bawaan, anggaran dana, hingga kesehatan mesti disiapkan dengan maksimal. Terkadang tubuh jadi mudah sakit karena lelah menempuh perjalanan jauh. Agar tubuh tetap sehat selama mudik ke kampung halaman, simak tips berikut ini.

1. Tidur Cukup

Tidur sangat penting untuk menjaga kesehatan, apalagi bila melintasi zona waktu berbeda. Dengan tidur, sistem kekebalan tubuh akan terjaga sehingga tidak mudah sakit. Namun perjalanan jauh biasanya akan membuat tubuh lelah sekaligus sulit untuk tidur. Meski sulit, kapan pun ada waktu luang gunakanlah untuk istirahat.

2. Jaga Hidrasi Tubuh

Saat bepergian jauh, targetkan untuk minum 2 liter air per hari. Perjalanan jauh tentu membuat tubuh mengeluarkan banyak tenaga. Agar tidak kekurangan cairan tubuh, pastikan kamu tetap terhidrasi. Selain minum air, konsumsi buah seperti beri, mangga, dan pepaya bisa mengoptimalkan cairan tubuh. Kombinasikan dengan makanan mengandung protein seperti yogurt dan kacang untuk mengontrol gula darah.

3. Makan Tepat Waktu

Melewatkan jam makan berisiko menimbulkan penyakit pencernaan seperti asam lambung. Meski bepergian jauh, jangan pernah lewatkan jam makan. Mulai hari dengan sarapan makanan mengandung protein, karbohidrat kompleks, dan lemak sehat. Cara ini bagus untuk menjaga stamina tubuh dan memastikan rutinitas dapat berjalan normal. Alpukat, roti, dan telur bisa jadi pilihan menu sarapan.

4. Perhatikan Kesehatan Kulit

Bukan hanya kesehatan tubuh, kulit juga harus diperhatikan. Bila kulit mengalami masalah seperti kering, pecah-pecah, atau luka tentu akan membuat perjalanan tidak nyaman. Untuk itu, selalu gunakan tabir surya dan pelembap. Bila perlu, gunakan topi atau benda pelindung dari sinar matahari langsung lainnya.

5. Hindari Makanan dan Minuman Berisiko

Makanan cepat saji rasanya sangat menggoda untuk dikonsumsi dengan cepat dan simple. Namun ini tidak sehat untuk tubuh. Lebih baik cari makanan yang bergizi untuk menjaga tubuh tetap sehat saat perjalanan. Selain itu, coba untuk selektif dalam mengonsumsi makanan. Jajanan daerah memang menggoda untuk dicoba. Namun bila rasanya pedas atau asam yang berlebihan, lebih baik dihindari agar tidak menimbulkan asam lambung.

Jangan lupa untuk sediakan obat pribadi selama bepergian. Konsumsi vitamin atau suplemen kesehatan bisa jadi solusi baik untuk menjaga tubuh tetap fit.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading