Sukses

Lifestyle

5 Tanda Dirimu Sebenarnya Sudah Lebih Dewasa dari Sebelumnya

Fimela.com, Jakarta “Maturity is when you stop complaining and making excuses in your life; you realize everything that happens in life is a result of the previous choice you’ve made and start making new choices to change your life.” (Roy T. Bennett) Menjadi dewasa, salah satu definisinya, adalah berhenti terlalu banyak mengeluh dan membuat alasan dalam hidup. Melainkan menyadari bahwa semua yang terjadi dalam hidup adalah hasil dari pilihan yang pernah kita buat sebelumnya. Serta, mulai membuat pilihan-pilihan baru untuk mengubah hidup kita.

Bisa jadi saat ini sebenarnya kamu sudah menjadi pribadi yang lebih dewasa. Bisa jadi dirimu saat ini sudah mengalami perubahan yang lebih baik dan positif. Tanda-tandanya bisa dilihat dari hal-hal berikut ini.

 

 

 

 

 

 

 

1. Bisa Berdamai dengan Masa Lalu

Masa lalumu atau mungkin masa kanak-kanakmu memiliki banyak hal yang kurang menyenangkan untuk dikenang atau diingat. Bahkan ada yang meninggalkan trauma mendalam. Namun, selama kamu berusaha untuk bisa berdamai dengan masa lalumu sepahit apa pun itu, maka kamu sebenarnya sudah berproses menjadi pribadi yang lebih dewasa.

 

 

2. Bisa Berlapang Dada Menjalani Masa Kini

Fokusmu adalah menjalani masa kini sebaik-baiknya. Kamu pun berusaha untuk melakukan segala sesuatunya dengan baik pada masa kini. Walaupun masih ada kekurangan atau hal yang kurang sempurna, tetapi kamu tak lantas merasa rendah diri atau putus asa menjalani masa kini sebaik-baiknya. Kesadaran dirimu dalam menjalani masa kini sebaik mungkin bisa memperlihatkan bahwa dirimu sudah mengalami perubahan yang lebih baik.

 

 

3. Bisa Mengupayakan Kebahagiaan Sendiri

Kamu mau dan bisa mengupayakan hal-hal sederhana yang bisa menghadirkan kebahagian dalam hidup. Kamu pun tak selalu bergantung pada orang lain untuk membuatmu bahagia. Saat kamu memiliki kesadaran dan kemampuan untuk merangkai kebahagiaanmu sendiri, kamu sebenarnya sudah menjadi pribadi yang lebih baik dan dewasa lagi.

 

 

4. Bisa Lebih Mandiri

Saat kamu sudah bisa berusaha memenuhi kebutuhanmu sendiri, ada jiwa yang lebih dewasa di dalam dirimu. Kamu menjadi pribadi yang lebih mandiri dan bisa memenuhi setidaknya kebutuhan pribadimu sendiri. Dengan kemandirian yang kamu miliki, kamu bisa menjalani hidup dengan lebih kuat lagi. Bahkan kamu bisa lebih tenang menyikapi hal-hal yang terjadi di luar dugaanmu.

 

 

5. Bisa Lebih Terbuka Belajar Mengontrol Emosi

Kemauan dan kemampuanmu memahami diri dan mengontrol emosi juga bisa memperlihatkan kedewasaanmu. Mengutip buku How to Respect Myself, mengendalikan emosi sama dengan mengendarai mobil. Mobil bagus akan menjadi barang tak berguna jika tidak menuruti pengendaranya atau kita yang tak bisa mengendarainya. Saat kamu bisa terus belajar memahami diri dan mengontrol emosi dengan lebih baik, maka dirimu sudah makin dewasa dari sebelumnya.

Itu tadi lima tanda umum dirimu yang saat ini sebenrnya sudah lebih dewasa dari sebelumnya. Semoga bisa jadi tambahan motivasi agar kamu bisa lebih bersemangat menjalani kehidupanmu, ya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading