Sukses

Lifestyle

5 Cara Mandiri Melatih Diri agar Lebih Mudah Bahagia

Fimela.com, Jakarta "... happiness is a skill that can be trained like a muscle," sebuah kutipan dari buku The Child in You memberi pandangan positif bahwa kita semua pada dasarnya bisa bahagia. Kita bisa melatih diri kita untuk bahagia. Kebahagiaan merupakan salah satu kecakapan yang bisa dilatih seperti otot.

Bagi kamu yang selama ini merasa sulit bahagia, ini saatnya untuk bisa lebih mandiri. Mandiri dalam hal melatih diri untuk menggapai atau menghadirkan kebahagiaan yang diinginkan. Caranya bisa dimulai dari hal-hal sederhana berikut ini.

 

 

1. Melatih Postur Tubuh yang Baik

Mengutip buku The Child in You, psikolog sosial Amerika, Amy Cuddy meneliti dampak postur tubuh terhadap suasana hati. Penelitiannya membuktikan bahwa pria dan perempuan bisa tampil lebih baik di wawancara kerja setelah meluangkan waktu dua menit sebelumnya untuk memasang "power pose", yaitu berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu dan tangan di pinggang. Postur tubuh kita bisa mempengaruhi suasana hati kita. Kalau kamu sering merasa tidak bersemangat atau sulit bahagia, bisa coba memperbaiki dan melatih postur tubuh yang lebih baik.

 

 

2. Melatih Pernapasan

Sering merasa gelisah dan susah bahagia? Coba latih pernapasanmu. Ada teknik pernapasan 4-7-8 yang bisa dicoba. Caranya mulailah dengan mengembuskan udara sampai habis. Setelah itu, tarik napas tanpa bersuara melalui hidung hingga maksimal 4 detik. Tahan napas selama 7 detik. Lalu, embuskan napas dengan tekanan sambil mengerucutkan bibir dan bersuara "fuuuh" dalam 8 detik. Latihan ini akan membantu menstabilkan detak jantung dan mengalirkan suasana hati yang lebih baik.

 

 

3. Melatih Fisik dengan Olahraga Rutin

Latih fisik dengan olahraga rutin. Selain membantu menjaga kesehatan fisik, berolahraga juga bisa bantu menjaga kesehatan mental. Mengutip buku Hello, Habits, John Ratey yang merupakan seorang guru besar psikiatri dari Harvad Medical School menjelaskan bahwa olahraga bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi otak. Dalam buku yang ia tulis, Spark: The Revolutionary New Science of Exercise and the Brain, ia mengemukakan secara gamblang bahwa olahraga membuat kita merasa segar kembali karena darah terpompa, menyebabkan otak melakukan fungsinya yang terbaik. Saat aliran darah lancar, kondisi mental kita juga bisa ikut stabil.

 

 

4. Meluangkan Waktu Memanjakan Diri Sendiri

Makin dewasa kita akan makin menyadari bahwa kebahagiaan adalah tanggung jawab pribadi. Maka dari itu, kita perlu berusaha untuk mau dan mampu mengupayakan kebahagiaan sendiri. Luangkan waktu untuk melakukan hal yang paling kamu sukai. Dengan begini, kamu bisa lebih mengenali dirimu sendiri dan bisa lebih mudah bahagia dengan caramu sendiri.

 

 

5. Menjalani Rutinitas yang Bermakna

Manfaatkan waktu yang ada dengan melakukan hal-hal bermakna dalam hidup. Dalam bekerja, yakini ada hal baik yang bisa kamu hadirkan. Dalam beristirahat, pahami bahwa kebutuhanmu ini perlu dipenuhi dengan baik agar bisa lebih nyaman menjalani keseharian. Cobalah membuat jadwal atau menulis jurnal harian untuk memiliki rutinitas yang bermakna dalam hidup.

Itu tadi lima hal yang bisa dicoba agar dirimu bisa lebih mudah bahagia. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading