Sukses

Lifestyle

4 Cara Merawat Hamster yang Harus Kamu Perhatikan

Fimela.com, Jakarta Hamster adalah hewan yang biasa dijadikan peliharaan. Banyak orang memelihara hamster karena hamster adalah hewan yang lucu dan menggemaskan. Tidak hanya itu, terkadang tingkah hamster bisa membuat pemiliknya yang sedang bersedih menjadi terhibur.

Hewan kecil berbulu satu ini memang sangat menggemaskan. Banyak orang beranggapan karena tubuhnya yang kecil, hamster cukup mudah dipelihara karena cara merawatnya lebih mudah dibandingkan memelihara hewan besar lainnya seperti anjing atau kucing. Namun ternyata tidak semudah itu lho, Sahabat Fimela.

Meskipun badannya kecil, hamster ternyata butuh kandang yang besar. Sangat berlainan dengan berbagai kandang hamster yang dijual di pasaran. Tidak hanya itu saja, ada banyak miskonsepsi soal perawatan hewan kecil yang menggemaskan satu ini. Berikut cara merawat hamster yang benar dan harus kamu perhatikan agar hamster peliharaanmu tetap sehat dan bahagia.

1. Butuh Kandang yang Besar

Seperti yang telah disebutkan di awal, hamster membutuhkan kandang yang besar meskipun tubuhnya kecil. Hal ini dikarenakan hamster termasuk hewan yang sangat aktif dan mampu melakukan perjalanan yang sangat jauh. Kandang yang kecil tentunya akan menghalangi keaktifan hamster. Oleh karena itu, jika kamu ingin memelihara hamster, kamu perlu menyediakan kandang yang besar.

2. Letakkan Kain Tipis di Atas Kandang

Di awal memelihara hamster, tentunya hamster akan merasa asing dengan kehadiranmu dan lingkungan barunya. Oleh karena itu, sangat disarankan untukmu meletakkan kain tipis di atas kandangnya agar hamster bisa tetap beradaptasi dengan lingkungan barunya namun tidak takut. Kain tipis tersebut juga berfungsi sebagai sekat agar hamster tidak kabur. Nah setelah dirasa hamstermu sudah familiar dengan lingkungannya, kamu bisa buka kain tersebut sedikit demi sedikit hingga terlepas seluruhnya.

3. Beri Makanan yang Bervariasi

Cara merawat hamster berikutnya berkaitan dengan makanan. Makanan yang kamu berikan pada hamstermu haruslah bervariasi atau paling tidak beri sedikit variasi. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar hamster tidak bosan. Sama juga denganmu, pasti kamu tidak makan makanan yang sama setiap hari kan? Jadi kamu bisa memberikan makanan yang bervariasi pada hamstermu, namun jangan lupa konsultasikan pada dokter hewan terlebih dahulu.

4. Keluarkan dari Kandang Sesekali

Bagaimana rasanya berada dalam rumah terus menerus dalam waktu yang lama? Tentu saja kamu akan merasa bosan dan ingin keluar sesekali. Begitu juga yang dirasakan hamster ketika berada terlalu lama dalam kandang. Ingat bahwa hamster adalah hewan yang aktif, jadi berada dalam kandang terus menerus tentu akan membuatnya bosan dan stres.

Itulah 4 cara merawat hamster yang harus kamu pahami. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading