Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Gampang Lelah yang Mengganggu Aktivitasmu

Fimela.com, Jakarta Apakah kamu pernah mengalami nafas pendek dan merasa gampang lelah? Terkadang hal ini cukup mengganggu aktivitasmu sehari-hari. Apalagi jika kamu merupakan orang yang memiliki cukup banyak kesibukan. Namun apakah gampang lelah merupakan tanda dari suatu penyakit?

Gampang lelah pada dasarnya bukan merupakan suatu tanda spesifik dari penyakit tertentu. Gampang lelah dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti aktivitas fisik yang terlalu berat atau karena beban pikiran yang cukup banyak. Namun ada juga hal lainnya yang menyebabkan kamu jadi gampang lelah.

Apa saja penyebab gampang lelah ketika beraktivitas? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Kurang Tidur

Manusia umumnya membutuhkan setidaknya 8 jam waktu tidur. Jika waktu tidur tersebut tidak terpenuhi, maka akan berakibat mengganggu aktivitasmu sehari-hari. Akibatnya, tubuh akan mengeluarkan hormon pertumbuhan yang sangat sedikit. Kondisi ini kemudian akan menyebabkan masa otot yang lemah, tulang yang kurang kuat dan kulit yang tidak elastis. Bahkan juga bisa menyebabkan kerusakan jaringan tubuh di berbagai titik tubuh. Akhirnya kamu jadi merasa gampang lelah kalau kurang tidur.

2. Diabetes

Salah satu penyebab gampang lelah adalah diabetes. Pengidap diabetes memang akan merasa lebih gampang lelah. Tidak hanya itu, pengidap diabetes juga akan mengalami beberapa kondisi lain seperti lapar dan haus terus menerus, penurunan berat badan, sering buang air kecil, kesemutan atau mati rasa di bagian tubuh tertentu, serta luka yang sulit sembuh.

3. Anemia

Anemia merupakan kondisi ketika jumlah sel darah merah berada di bawah normal. Anemia jadi salah satu penyebab gampang lelah yang kamu alami.

Komponen utama dari sel darah merah adalah zat besi. Kalau kebutuhan zat besimu tidak tercukupi, maka sel darah merah pun tidak akan terbentuk dengan sempurna, dan angkanya bisa jauh di bawah normal. Akibatnya, jumlah oksigen yang dibawa oleh sel darah merah pun berkurang. Padahal kamu membutuhkan oksigen untuk beraktivitas. Hal inilah yang kemudian membuatmu gampang lelah.

4. Dehidrasi

Kalau akhir-akhir ini kamu sering merasa gampang lelah dan pusing, mungkin hal itu dikarenakan kamu dehidrasi atau kebutuhan air putihmu tidak terpenuhi. Coba ingat-ingat, sudah minum berapa gelas air putih hari ini? Jangan lupa minum air putih ya, Sahabat Fimela.

5. Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein

Ada banyak orang yang baru bisa beraktivitas setelah meneguk kopi di pagi hari. Meskipun kopi memang bisa membangkitkan semangat dalam diri, namun terlalu banyak mengonsumsi kopi tidak baik untuk kesehatan tubuhmu. Terlalu banyak konsumsi kafein bukannya membuatmu semangat namun malah jadi gampang lelah. Selain itu, kebanyakan konsumsi kafein juga bisa membuatmu berdebar-debar dan memicu berbagai masalah pencernaan.

Itulah 5 penyebab gampang lelah saat beraktivitas yang kamu alami. Ada beberapa penyebab yang bisa kamu hindari. Maka sebisa mungkin hindari agar aktivitasmu tidak terganggu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading