Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Baterai HP Cepat Habis yang Sering Tidak Disadari

Fimela.com, Jakarta Ponsel atau sering disebut juga dengan smartphone merupakan hal yang umum di era sekarang ini. Sebagian besar orang di dunia ini sudah memiliki smartphone. Bahkan ponsel atau handphone (HP) sering juga dianggap sebagai sebuah kebutuhan primer, sama pentingnya dengan kebutuhan primer lainnya seperti rumah, pakaian dan makanan.

Ponsel dianggap sebegitu pentingnya karena ponsel dapat membantu manusia dalam melakukan apapun, misalnya dalam mencari informasi dengan cepat atau memberikan hiburan yang tidak terbatas. Oleh karena itu, banyak yang kemudian menganggap bahwa ponsel merupakan kebutuhan primer.

Namun selayaknya benda lainnya yang diciptakan manusia, ponsel atau HP juga punya kelemahan. Tidak jarang setelah digunakan selama beberapa waktu, baterai hp cepat habis. Ternyata ada beberapa hal yang menjadi penyebab baterai hp cepat habis. Apa saja? Yuk simak penyebab baterai hp bocor serta cara mengatasinya berikut ini.

1. Layar Terlalu Cerah

Pada beberapa HP biasanya ada pengaturan khusus yang membuat kecerahan pada HP meningkat secara otomatis, apalagi ketika berada di luar ruangan. Tingkat kecerahan layar yang tinggi inilah yang membuat baterai hpmu cepat habis. Tidak hanya itu saja, layar HP yang terlalu cerah juga bisa membuat HPmu jadi panas.

2. GPS Menyala

Fitur GPS sebenarnya merupakan fitur yang cukup bermanfaat. Dari fitur ini, kamu bisa tau lokasimu saat ini melalui maps online. Kamu juga bisa mencari lokasi tertentu menggunakan fitur GPS.

Meskipun punya banyak manfaat, sayangnya GPS yang terus menyala bisa membuat baterai HP jadi cepat habis. Jadi sebisa mungkin gunakan saat diperlukan saja, kemudian matikan jika sudah tidak digunakan lagi.

3. Menggunakan HP Saat Kondisi Terlalu Panas

Suhu yang terlalu panas juga berpotensi jadi penyebab baterai cepat habis. Misalnya ketika terkena paparan matahari yang terik atau saat dipakai menjalankan game berat hingga menjadi sangat panas. Solusinya, istirahatkan dulu HPmu. Bisa saja dengan mengurangi pemakaian di luar, atau memberi jeda cukup lama ketika memainkan game berat.

4. Sinyal Lemah

Sinyal yang lemah ternyata bisa membuat baterai jadi cepat habis. Ketika sinyal di hpmu melemah, maka sistem dalam HP akan bekerja keras mencari sinyal terkuat agar bisa mendukung aktivitasmu ketika menggunakan HP. Sistem yang bekerja lebih keras inilah yang kemudian menguras baterai jadi lebih cepat habis.

5. Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Kamu pasti paham kalau aplikasi yang kamu gunakan juga menyerap baterai HP. Namun ada juga aplikasi yang tidak digunakan yang juga menghabiskan baterai HP. Hal ini dikarenakan aplikasi tersebut berjalan di latar belakang. Jadi meskipun tidak kamu gunakan, aplikasi-aplikasi tersebut bisa membuat baterai HPmu cepat habis. Namun kamu bisa menghentikannya dengan cara mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang di bagian pengaturan.

Itulah 5 penyebab baterai HP cepat habis yang mungkin tidak kamu sadari. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading