Sukses

Lifestyle

21 Pilihan Warna Alam pada Cat Tembok yang Direkomendasikan Ahli untuk Mendukung Imajinasi Si Kecil

Fimela.com, Jakarta Warna memiliki pengaruh besar pada imajinasi anak. Ketika melihat warna, anak akan membayangkan berbagai hal yang terkait dengan warna tersebut. Selain itu, anak juga sering kali membayangkan dunia fantasi yang mungkin sulit dipahami oleh orang dewasa.

Dilansir dari Healthline, warna dapat memengaruhi efek psikologis pada kita semua, termasuk anak-anak. Hal ini ditandai dengan warna cerah dan terang sering kali dikaitkan dengan emosi gembira dan energi, sedangkan warna yang tenang dan lembut sering kali dikaitkan dengan suasana yang tenang dan nyaman. Selain itu, warna juga dapat memengaruhi stimulasi otak dan perkembangan anak dimana warna bisa meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak yang dituangkan melalui gambar-gambar.

Mengetahui setiap anak memiliki selera warna yang berbeda-beda, sehingga penting bagi orangtua untuk memahami preferensi warna atau warna yang disukai oleh si kecil. Dalam hal ini, orangtua dapat mendukung imajinasi si kecil melalui dekorasi kamar tidur dengan warna yang disukai oleh anak. Namun, dalam mendekorasi kamar untuk si kecil juga tidak boleh sembarangan, sebab pemilihan warna dan penggunaan cat tembok yang salah untuk ruangan si kecil dapat memengaruhi kesehatan otak dan tubuh anak, lho.

Oleh karena itu, Jotun sebagai merek cat dari Norwegia yang juga menjadi cat kepercayaan masyarakat Indonesia baru-baru ini menghadirkan Jotun Kids Collection dengan 21 pilihan warna dari tiga palet warna yang menangkap essensi alam, diantaranya Pastel Forest, Eternal Ocean, dan Pinkish Pastures. Pastel Forest digambarkan tentang ketenangan hutan, Eternal Ocean digambarkan tentang kekaguman keindahan laut yang memesona, serta Pinkish Pastures yang digambarkan tentang dunia imajinasi dan kreativitas bagi para pemimpi untuk berkreasi dibalutan warna merah muda.

 

Pemilihan warna yang tepat dapat mendukung stimulasi otak anak

"Melihat anak-anak bahagia, tumbuh, dan berkembang bersama keluarga, merupakan keindahan yang tak ternilai. Jotun percaya, bahwa ruang yang dirancang dengan baik serta menggunakan pemilihan warna yang disukai anak dapat melahirkan imajinasi tak terbatas serta warna memberikan kehidupan yang nyata pada setiap bagian dari imajinasinya. Oleh karena itu, kehadiran Jotun Kids Collection merupakan wujud komitmen Jotun untuk memenuhi impian setiap anak untuk memiliki ruang yang ajaib dan juga nyaman." ucap Ram Ramnath selaku President Director PT Jotun Indonesia.

Tak hanya mendorong imajinasi anak, warna pada ruangan juga menjadi salah satu rangsangan penting bagi tumbuh kembang anak. Dr. Kurniawan Satria Denta, M Sc, Sp. A seorang dokter spesialis anak, menjelaskan bahwa warna berperan penting dalam perkembangan stimulus otak anak.

"Warna memiliki pengaruh besar dalam perkembangan stimulus visual yang kuat pada otak, membantu perkembangan pelihatan, hingga kesehatan mental pada anak. Stimulus visual melalui warna dapat diberikan sesuai tahap perkembangan anak serta memperhatikan preferensi warna anak yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting bagi setiap orangtua untuk memberikan rangsangan warna yang beragam untuk membantu meningkatkan perkembangan kognitif si kecil." ucap Dr. Kurniawan Satria Denta, M Sc, Sp. A 

Dalam memilih warna untuk ruangan anak juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Hal ini dikarenakan warna yang terlalu vibrant atau terlalu cerah dapat menggangu stimulus anak yang dapat menyebabkan anak sulit untuk fokus atau membedakan visual. Oleh karena itu, Jotun Kids Collection dapat menjadi solusi terbaik untuk para orangtua yang ingin menciptakan ruang pribadi bagi anak-anak dengan pilihan warna yang kalem sehingga dapat mendukung perkembangan stimulasi otak anak.

Kandungan pada cat juga dapat memengaruhi kesehatan anak

Tak hanya pemilihan warna yang tepat, penggunaan cat untuk ruangan si kecil juga tidak boleh sembarangan. Dr. Kurniawan Satria Denta, M Sc, Sp. A menghimbau para orangtua untuk senantiasa memperhatikan jenis cat yang tepat serta menciptakan hunian yang sehat dan nyaman untuk si kecil. Sebab, perkembangan anak sehat juga dipengaruhi oleh lingkungan yang sehat.

"Perlu diingat bahwa hunian yang sehat juga mendukung tumbuh kembang anak. Anak-anak sangat rentan terhadap penyakit sehingga kebersihan ruangan anak sangat penting untuk diprioritaskan. Seringkali anak mengalami alergen atau asma yang diakibatkan dari hunian yang kurang bersih seperti selimut yang jarang dicuci, debu yang menempel pada furniture kamar, hingga penggunaan cat yang memiliki bahan berbahaya." ucap Dr. Kurniawan Satria Denta, M Sc, Sp. A.

Mengusung gagasan akan area ramah anak yang indah dan bersih, Jotun Kids Collection menjadi solusi tepat bagi para orangtua untuk memilih cat yang tidak berbahaya bagi kesehatan si kecil. Jotun menyempurnakan Jotun Kids Collection yang diformulasikan secara khusus dengan Clean Air Technology, untuk membersihkan dan meningkatkan kualitas udara dalam ruangan serta dipadukan dengan formulasi Odour-less comfort dengan ultra-low VOC yang tidak mengeluarkan zat berbahaya dan tidak memiliki bau yang menyengat. Sehingga hal tersebut menjadikan udara di dalam ruangan lebih nyaman untuk dihuni serta aman untuk kesehatan anak. 

 

*Penulis: Amelia Septika

 

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading