Sukses

Parenting

5 Talenta Kecerdasan Anak yang Tidak Dapat Disamaratakan

Fimela.com, Jakarta Siapa disini yang suka membandingkan anak sendiri dengan anak orang lain, seperti anak tetangga? Yuk, Mom, mulai ubah pola pikirnya ya. Kita tidak bisa menyamaratakan kemampuan semua anak, karena mereka memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Sesungguhnya, setiap anak memiliki cara tersendiri untuk tanggap dalam mempelajari suatu hal. 

Mengutip dari laman halodoc.com, ternyata anak memiliki 5 tipe talenta kecerdasan yang berbeda. Kira-kira apa saja itu? Mari kita identifikasi bersama. 

1. Kecerdasan Linguistik (Verbal)

Jenis kecerdasan satu ini adalah kemampuan anak dalam menggunakan bahasa yang jelas yang diperuntukan untuk mengekspresikan ataupun memahami susunan pikiran orang. Anak dengan kecerdasan linguistik biasanya pandai dalam bidang pekerjaan yang mengutamakan komunikasi. Secara natural, mereka ahli dalam menyerap informasi, menulis, ataupun berkomunikasi dengan lugas.

2. Kecerdasan Spasial (Visual)

Anak yang memiliki kemampuan ini biasanya pandai dalam memvisualisasikan sesuatu, seperti menangkap warna, arah, atau media seperti gambar dan video. Anak dengan kecerdasan spasial cenderung memiliki jiwa seni yang artistik. Mereka memiliki kemampuan dalam menafsirkan gambar atau grafik, memahami pola, dan menyusun teka-teki.

3. Kecerdasan Logis (Matematika)

Kecerdasan logis adalah kecerdasan yang dinilai dari cara anak berpikir. Biasanya mereka memiliki nalar yang tinggi dan dapat memecahkan segala sesuatu berdasarkan logika. Kecerdasan ini biasanya berkaitan dengan angka, pola, dan hubungan. Anak dengan kecerdasan ini berpotensi menjadi ilmuwan, progammer ataupun akuntan karena mereka sangat tampil dalam memecahkan masalah, suka melakukan eksperimen, dan dapat berpikir abstrak.

4. Kecerdasan Musik

Kecerdasan satu ini berkaitan dengan suara, ritme, ataupun pola. Mereka memiliki kemampuan untuk menikmati ataupun membuat musik. Biasanya mereka suka mengekspresikan perasaannya melalui musik. Mereka sangat berpotensi menjadi komposer, penulis lirik ataupun penyanyi karena mereka memiliki bakat menyanyi dan bermain alat musik secara alami, dan mengenali nada atau pola dengan cepat.

5. Kecerdasan Kinetik (Jasmani)

Kecerdasan satu ini adalah kecerdasan yang menggunakan tubuh sebagai media utamanya. Mereka memiliki kontrol motorik yang baik sehingga dapat melakukan gerakan tubuh yang selaras dengan otak. Mereka biasanya memiliki ketangkasan yang baik sehingga cocok menjadi binaragawan ataupun penari. Anak dengan kecerdasan ini pandai dalam mengingat gerakan dan segala kegiatan fisik karena memiliki koordinasi fisik yang baik.

Dengan dukungan dan dorongan yang positif dari orang tua, anak akan menghasilkan hal yang positif juga berdasar dari apapun bakat dan kecerdasan yang mereka miliki. Stop membanding-bandingkan, ya Mom. 

Penulis : Auliani Faiziah Haspari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading