Sukses

Lifestyle

5 Cara Menyederhanakan Hidup agar Hati Lebih Tenang

Fimela.com, Jakarta Ketika dirimu mulai sering gelisah, mungkin ini saatnya untuk lebih menyederhanakan hidup. Apalagi kalau kamu mulai sering dilanda berbagai macam kecemasan, maka cobalah untuk ambil waktu jeda sejenak untuk memprioritaskan ketenangan hatimu. Bisa dimulai dengan menyederhanakan beberapa aspek kehidupanmu.

Berikut ini lima cara yang bisa dicoba dalam menyederhanakan hidup demi mendapatkan hati yang terasa lebih tenang. Bisa dimulai dari cara yang menurutmu paling mudah. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Relakan Barang-Barang yang Sudah Tak Terpakai

Barang-barang atau benda yang sudah tak terpakai bisa dibuang atau didonasikan. Jika masih bagus atau layak pakai bisa kamu berikan atau sumbangkan ke pihak yang membutuhkan. Memiliki terlalu banyak barang apalagi sampai menumpuk dan bikin kotor hanya akan menambah beban pikiran saja. Jadi, cobalah untuk menyortir dan merapikan kembali barang-barangmu.

2. Bebaskan Orang-Orang yang Pergi Darimu

Makin dewasa kamu akan dihadapkan pada kenyataan bahwa orang akan datang dan pergi dalam hidupmu. Mereka yang dulu dekat bisa makin menjauh. Seseorang yang pernah jadi bagian penting dari hidupmu bisa memilih untuk pergi. Daripada kamu terus sedih menghadapi orang-orang yang memilih pergi, cobalah untuk merelakannya. Lepaskan dan biarkan mereka menjalani kehidupannya agar kamu juga bisa lebih fokus menjalani kehidupanmu sendiri.

3. Lapangkan Hati Menerima Ketidaksempurnaan Diri

Dirimu yang tidak sempurna tak perlu dibenci. Cobalah untuk lebih lapang menerima ketidaksempurnaan dirimu. Biarkan dirimu menikmati dan merasakan hal-hal yang tak sempurna sebab itu yang membuatmu hidupmu lebih berwarna.

4. Nikmati Momen Saat Ini

Hati gampang gelisah saat masih terikat masa lalu atau masih terus mencemaskan masa depan. Untuk itu cobalah untuk fokus menikmati momen yang ada saat ini. Rasakan dan resapi saja momen yang masih ada saat ini. Hati bisa terasa lebih tenang dan damai saat perhatian difokuskan pada masa kini.

5. Hargailah Semua Hal yang Sudah Dilakukan Sendiri

Sesekali cobalah untuk memuji diri sendiri. Luangkan waktu untuk mengapresiasi diri sendiri atas semua hal dan upaya yang sudah kamu lakukan. Hidup sudah terlalu berat untuk kamu jalani. Maka untuk bisa mengimbanginya dan tidak merasa terlalu tertekan, cobalah untuk lebih sering mengapresiasi semua hal yang sudah kamu lakukan sebaik mungkin.

Semoga hati yang tenang bisa kamu dapatkan dalam perjalanan hidupmu, ya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading