Sukses

Lifestyle

4 Jenis Rambut dan Cara Menentukannya

Fimela.com, Jakarta Penampilan biasa dilihat dari pakaian yang kamu kenakan. Pakaian yang kamu gunakan pun bisa jadi menarik kalau kamu mengenakan pakaian yang sesuai, baik sesuai dengan kegiatan yang kamu lakukan atau sesuai warnanya. Namun penampilan juga bisa juga dinilai dari wajahmu atau rambutmu.

Agar penampilan makin menarik, rambut harus ditata sedemikian rupa, menyesuaikan jenisnya. Misalnya, rambut lurus dan ikal tentu saja beda cara penataannya. Model rambut yang cocok untuk rambut lurus mungkin saja tidak cocok jika diaplikasikan pada rambut ikal. Begitu juga sebaliknya.

Oleh karena itu, kamu harus memahami jenis rambut yang kamu miliki. Ada 4 jenis rambut yang perlu kamu ketahui. Berikut penjelasan mengenai 4 jenis rambut serta cara mengenalinya.

1. Rambut Lurus

Rambut lurus tidak memiliki lekukan dan cenderung rapuh dan tipis. Jenis rambut ini tidak memiliki lekukan, dan sangat mudah rontok. Beberapa pemilik rambut lurus juga memiliki baby hair, atau tekstur rambut yang halus seperti rambut bayi.

Cara lainnya untuk mengetahui jenis rambut lurus adalah melihatnya ketika sedang dikeriting dengan curling iron. Biasanya jenis rambut ini licin dan sulit untuk dikeriting dengan curling iron. Setelah dikeriting, bentuknya akan kembali seperti semula.

Nah, rambut lurus pun bisa dibagi lagi dalam beberapa tipe. Cek 3 tipe rambut lurus yang perlu kamu tahu.

  • Tipe 1: Jenis rambut ini biasanya sangat lurus. Meskipun ditekuk akan kembali seperti semula. Teksturnya halus seperti rambut bayi.
  • Tipe 2: Rambut tipe ini cukup lurus, namun tidak dapat melengkung kecuali dibentuk dengan flat iron. Biasanya rambut lebih bervolume dibanding tipe 1A.
  • Tipe 3: Jenis rambut ini tidak dapat melekuk namun terasa agak frizzy.

2. Rambut Bergelombang atau Wavy Hair

Rambut bergelombang punya pola yang sama dengan batang rambut keriting, tetapi biasanya lebih mengembang. Penggunaan hairdryer yang terlalu panas cenderung membuat rambut lebih mengembang. Keadaan rambut ini biasa disebut juga dengan frizzy hair. 

  • Rambut bergelombang yang menyerupai huruf S, dan biasanya memiliki tekstur tersendiri.
  • Jenis ini memiliki bentuk lekuk atau gelombang yang konsisten dan pada pola ikalnya.
  • Rambut bergelombang yang memiliki tekstur yang tegas dan gelombangnya hampir seperti spiral. Biasanya, rambut ini rentan terhadap frizz.

3. Rambut Ikal

Untuk yang memiliki rambut ikal, berarti rambut kamu memiliki pola berombak; tidak lurus dan tidak keriting. Kamu perlu perawatan seperti conditioner khusus rambut mengembang agar pola lekukannya dapat terlembapkan dengan sempurna.

  • Rambut ikal yang bentuknya lumayan spiral dan memiliki lekuk yang tegas.
  • Rambut ikal yang punya lekuk rambut cukup tegas dan tebal, sehingga rambut terlihat ‘kriwil.’
  • Rambut ikal yang punya lekuk spiral pada tipe rambut ini cukup tegas, sehingga bentuknya naik ke atas. Panjangnya saat normal dan saat diluruskan cukup berbeda.

4. Rambut Keriting

Helaian rambut ini memiliki pola berbentuk huruf S. Pola keritingnya konsisten meski tidak dibentuk. Ada 2 bentuk keriting, yaitu keriting ikal dan keriting bulat. Jenis rambut keriting akan lebih mudah rusak jika tidak mendapatkan kelembapan yang dibutuhkan.

Jenis rambut ini memiliki tekstur agak kering dan kasar, karena porositasnya yang tinggi. Karena alasan itulah, rambut keriting sangat mudah rusak jika kurang kelembapan. Perawatan rambut keriting agak berbeda dengan perawatan rambut lurus!

  • Bentuk gulungan rambut sangat ketat dan biasanya disebut juga dengan istilah ‘kinky hair’.
  • Rambut keriting yang punya lekuk rambut menyerupai pola zig-zag atau huruf Z.
  • Rambut keriting yang tidak memiliki lekuk yang tegas. Bentuknya melingkar dan cukup ketat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading