Sukses

Lifestyle

Penyebab HP Terasa Panas atau Overheat yang Kamu Alami

Fimela.com, Jakarta Ponsel atau sering disebut juga dengan smartphone merupakan hal yang umum di era sekarang ini. Sebagian besar orang di dunia ini sudah memiliki smartphone. Bahkan ponsel atau handphone (HP) sering juga dianggap sebagai sebuah kebutuhan primer, sama pentingnya dengan kebutuhan primer lainnya seperti rumah, pakaian dan makanan.

Ponsel dianggap sebegitu pentingnya karena ponsel dapat membantu manusia dalam melakukan apapun, misalnya dalam mencari informasi dengan cepat atau memberikan hiburan yang tidak terbatas. Oleh karena itu, banyak yang kemudian menganggap bahwa ponsel merupakan kebutuhan primer.

Namun selayaknya benda lainnya yang diciptakan manusia, ponsel atau HP juga punya kelemahan. Mungkin kamu pernah mengalami HP tiba-tiba overheat.

Ternyata ada beberapa hal yang menjadi penyebab HP overheat. Apa saja? Yuk simak penyebabnya berikut ini.

1. Overcharging

Overcharging maksudnya HP masih dicharge meskipun daya baterai sudah 100%. Overcharging bisa membuat HPmu menerima listrik yang berlebih (energi panas) dan akan merambat ke bagian lain di HP lalu menyebabkan HP overheat.

2. Menggunakan HP saat dicharge

Menggunakan HP saat dicharge justru akan membuat daya baterai HPmu terus menerus menerima listrik. Sementara baterai terus menerima energi listrik, komponen dalam HPmu seperti CPU juga akan terus menarik listrik dari baterai. Kondisi seperti ini menyebabkan CPU dan baterai mengeluarkan panas yang lama-kelamaan akan menumpuk dan menyebabkan overheat pada HP.

3. Virus dan malware

Virus dan Malware juga bisa menjadi salah satu penyebab HPmu mengalami overheat. Hal ini karena keduanya akan terus-menerus beroperasi tanpa kamu ketahui di background sistem HPmu untuk mengakses berbagai informasi. Aktivitas yang dilakukan virus dan malware ini juga akan ikut membebani kerja CPU sehingga mengeluarkan panas berlebih, apalagi jika dibarengi dengan penggunaan aplikasi lain.

4. Bermain game dalam waktu yang lama

Bermain game terlalu lama bisa jadi penyebab HPmu overheat. Pernahkan kamu merasakan HPmu terasa panas saat kamu sedang bermain game? Panas ini sebenarnya berasal dari CPU dan GPU yang bekerja keras sehingga mengeluarkan panas. Nah kalau dipaksa untuk bermain game untuk waktu yang lebih lama, bisa-bisa HPmu terlalu panas dan jadi overheat.

5. Multitasking aplikasi

Multitasking aplikasi maksudnya adalah menjalankan beberapa aplikasi dalam waktu yang bersamaan. Seperti yang kita ketahui bersama, semakin berat pekerjaan yang dilakukan suatu mesin, semakin banyak pula panas yang dihasilkan. Nah kalau kamu terlalu lama melakukan multitasking, maka wajar jika kemudian HPmu overheat.

Itulah beberapa penyebab HP overheat. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading