Sukses

Lifestyle

Penyebab SIM Card di HP Tidak Terbaca serta Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Ponsel atau sering disebut juga dengan smartphone merupakan hal yang umum di era sekarang ini. Sebagian besar orang di dunia ini sudah memiliki smartphone. Bahkan ponsel atau handphone (HP) sering juga dianggap sebagai sebuah kebutuhan primer, sama pentingnya dengan kebutuhan primer lainnya seperti rumah, pakaian dan makanan.

Ponsel dianggap sebegitu pentingnya karena ponsel dapat membantu manusia dalam melakukan apapun, misalnya dalam mencari informasi dengan cepat atau memberikan hiburan yang tidak terbatas. Oleh karena itu, banyak yang kemudian menganggap bahwa ponsel merupakan kebutuhan primer. 

Namun selayaknya benda lainnya yang diciptakan manusia, ponsel atau HP juga punya kelemahan. Tidak jarang tiba-tiba SIM card tidak muncul keterangannya di HP yang berarti SIM card tidak terbaca.

Tentunya di zaman sekarang ini, SIM card berperan sangat penting dalam kehidupan kita. Kalau tiba-tiba sinyal menghilang, pasti kita jadi kebingungan dan cemas karena hampir semua kegiatan termasuk pekerjaan bergantung pada sinyal.

Lalu sebenarnya apa sih penyebab SIM card tidak terbaca? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab SIM Card Tidak Terbaca

1. Jangkauan Jaringan Operator Lemah

Lokasi yang menjadi tempatmu mengakses layanan seluler sangat berpengaruh terhadap kualitasnya. Semakin jauh dari BTS, maka jangkauan jaringan operator akan semakin melemah.

Kartu SIM bahkan bisa saja kehilangan berbagai macam fungsinya ketika lokasi ponsel semakin jauh dari BTS sehingga akan menampilkan pemberitahuan bahwa sedang tidak terbaca.

 Hal ini biasanya terjadi di daerah-daerah pedesaan dan pegunungan yang umumnya mempunyai jaringan BTS cukup jarang atau lokasinya tertutup oleh gunung sehingga jangkauannya kurang maksimal.

2. Bug Sistem Operasi

Kesalahan yang terdapat di dalam sistem operasi pun dapat menjadi penyebab erornya dukungan jaringan seluler dan membuat kartu SIM tiba-tiba tidak terbaca. Biasanya hal ini dapat terjadi setelah kita memperbaruinya.

Seperti yang kita tahu, sistem operasi umumnya berisi berbagai macam baris kode untuk menciptakan fungsi tertentu. Kesalahan pada logika dan penulisannya tentu akan sangat berpengaruh pada fungsi-fungsi terkait.

Kartu SIM yang tiba-tiba tidak terbaca juga bisa saja terjadi akibat bug tersebut. Meskipun umumnya terjadi secara langsung saat pengguna memperbarui sistem, tetapi tak jarang perlu ada pemicu sehingga bisa muncul setelah berjalan cukup lama.

3. Terlalu Banyak Proses yang Berjalan

Saat menjalankan aplikasi kamu mungkin tak menyadari kalau beberapa layanan yang beroperasi di dalamnya masih akan terus berjalan meskipun sudah menutupnya dari layar. Jika dibiarkan secara terus menerus, sumber daya yang ada di dalam handphone akan semakin habis sehingga menyebabkan beberapa fungsi seperti dukungan jaringan seluler berjalan secara tidak normal.

Penyebab SIM Card Tidak Terbaca

4. Tembaga di Kartu SIM Kotor

Seperti perangkat elektronik pada umumnya, kartu SIM juga memanfaatkan pin yang terbuat dari tembaga untuk mentransferkan data. Nah jika pin ini kotor, maka kartu SIM bisa saja tidak bisa memberikan layanan seperti biasanya.

Hilangnya layanan dari kartu SIM termasuk salah satu di antara permasalahan yang bisa timbul akibat pin tembaga yang kotor. Debu dan residu bisa saja menutup salah satu pin sehingga membuat data tak bisa ditransfer dengan baik meskipun kartu SIM masih terbaca.

5. Slot atau Kartu SIM Rusak

Selain berbagai macam teknis di atas, rusaknya slot maupun kartu SIM itu sendiri dapat menjadi pemicu timbulnya permasalahan di dukungan konektivitas ponsel seperti kartu SIM tiba-tiba tidak ada layanan. Kerusakan memang tidak bisa dihindari saat para pengguna menggunakan berbagai macam peralatan dalam durasi yang sangat lama. Memakai kartu SIM di handphone pun juga demikian.

Itulah 5 penyebab kartu SIM tidak terbaca  yang kamu alami. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading