Sukses

Beauty

7 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Rambut rontok adalah salah satu masalah yang sangat mengganggu penampilan. Rambut rontok bisa dialami semua usia, mulai dari anak-anak hingga usia dewasa. Sehingga masalah rambut ini harus diatasi.

Setiap harinya rambut akan mengalami kerontokan antara 50 hingga 100 helai. Tetapi kalau helai rambut yang rontok lebih dari 100 helai, berarti kemungkinan kondisi rambut mengalami kerontokan yang tidak wajar. Hal ini juga bisa menyebabkan kebotakan dini.

Rambut rontok ini disebabkan karena beberapa faktor. Namun, rambut rontok bisa dicegah atau diatasi secara alami. Berikut penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya:

Penyebab Rambut Rontok

1. Keturunan

Penyebab rambut rontok yang pertama adalah keturunan. Jika orang tua memiliki masalah rambut rontok, biasanya anak akan memiliki risiko mengalami kerontokan juga. Rambut yang rontok karena keturunan ini, bisa tumbuh menjadi rambut yang baru, tetapi tekstur rambutnya tipis dan halus daripada rambut yang sebelumnya.

2. Kekurangan Nutrisi

Rambut rontok juga bisa disebabkan karena kekurangan gizi nutrisi dari kulit kepala, ujung rambut hingga akar rambut. Selain tubuh, rambut juga membutuhkan vitamin dan nutrisi seperti zinc, niacin, asam lemak, selenium, vitamin D, vitamin A, vitamin E, asam folat dan asam amino.

3. Stres

Terlalu banyak pikiran dan stres juga bisa menyebabkan rambut rontok. Karena stres menyebabkan siklus pertumbuhan rambut menjadi terganggu. Kerontokan yang diakibatkan oleh stres ini bisa disebut dengan telogen effluvium, yang akan berlangsung sementara saja.

4. Perubahan Hormon

Perubahan hormon merupakan salah satu penyebab rambut mengalami kerontokan. Sehingga perempuan yang sedang mengalami masa kehamilan, masa haid dan masa menopause, seringkali mengali kerontokan rambut karena hormonnya sedang berubah-ubah.

Penyebab Rambut Rontok Selanjutnya

5. Anemia

Anemia adalah kondisi tubuh saat kekurangan darah merah secara drastis. Kondisi anemia ini bisa menyebabkan tubuh menjadi sangat lemas, bahkan menyebabkan kerontokan rambut yang tidak normal. Anemia ini juga bisa disebabkan karena kekurangan zat besi. Sehingga zat besi sangat diperlukan untuk mencegah kerontokan rambut.

6. Mengonsumsi Obat-Obatan Tertentu

Rambut rontok juga bisa disebabkan karena mengonsumsi obat-obatan tertentu. Seperti obat untuk kanker, depresi, masalah jantung, dan tekanan darah tinggi. Bahkan terlalu banyak vitamin A di dalam tubuh, juga bisa menyebabkan kerontokan rambut.

7. Penyakit Kulit Kepala

Penyebab rambut rontok yang terakhir yaitu disebabkan karena penyakit kulit kepala, seperti folikulitis, tinea capitis, psoriasis kulit kepala, dan hipotiroidisme. Kondisi penyakit ini bisa mengganggu pertumbuhan rambut, karena saat mengalami penyakit ini akan terjadi peradangan di dalam tubuh.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Tak perlu khawatir jika memiliki kondisi rambut yang rontok. Kamu bisa mengatasi dan mencegah kerontokan rambut ini, dengan merawat rambut secara rutin. Sahabat Fimela bisa menggunakan bahan alami maupun produk perawatan rambut.

Kamu bisa mengatasi rambut rontok dengan sampo yang memiliki kandungan vitamin E, protein dari tumbuhan, vitamin B5, ekstrak gingseng, zinc dan minyak alami. Selain itu, gunakan obat-obatan khusus rambut yang bisa mengatasi rambut rontok, seperti minoxidil yang merupakan obat cair, atau obat finasterida yang mudah digunakan dan ditemukan di apotik.

Selain itu, gunakan masker rambut secara rutin, yang terbuat dari minyak kelapa, aloe vera, atau minyak kemiri. Jangan lupa untuk menghindari pengering rambut, yang bisa memicu rambut rontok. Jika kerontokan tidak segera berkurang, lebih baik konsultasikan dengan dokter agar masalah kerontokan rambut segera teratasi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading