Sukses

Lifestyle

8 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh, Mampu Atasi Asam Lambung

Fimela.com, Jakarta Salah satu bumbu yang biasa digunakan untuk memasak adalah kunyit. Biasanya kunyit dijadikan sebagai pewarna alami dalam masakan, misalnya ketika membuat nasi kuning. Namun tidak hanya menjadi pewarna makanan alami, kunyit juga bisa digunakan untuk makanan berkuah seperti soto.

Tidak hanya untuk makanan, kunyit juga bisa dijadikan minuman loh. Salah satunya yaitu jamu kunyit asam. Seperti yang telah kita ketahui, jamu adalah minuman tradisional. Jadi, jamu kunyit asam ini sudah populer sejak jaman dahulu.

Jamu tidak hanya merupakan minuman tradisional saja, namun juga dijadikan sebagai obat-obatan di jaman dahulu. Oleh karena itu, kunyit yang digunakan sebagai bahan jamu berarti menandakan kalau kunyit ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kunyit mengandung zat kurkumin yang bekerja meningkatkan daya tahan tubuh. Artinya, sistem pertahanan tubuh melawan virus atau bakteri penyebab penyakit yang ditingkatkan, bukan secara langsung membunuh kuman tersebut.

Mengonsumsi air kunyit kuning secara rutin juga bisa membantu memerangi virus yang menginfeksi saluran pernapasan berkat adanya zat anti kataral.

2. Mengurangi Gejala Maag

Bagi kamu yang sering mengalami nyeri maag, tidak perlu selalu langsung mengkonsumsi obat. Cobalah mengkonsumsi larutan kunyit terlebih dahulu dan minum secara rutin. Kunyit dapat membantu mengurangi frekuensi kambuhnya gejala maag.

Adanya kandungan kurkumin pada kunyit juga dapat mengendalikan produksi asam lambung dan empedu secara berlebihan.

3. Mengendalikan Gula Darah

Jika kamu penderita diabetes cobalah mengkonsumsi kunyit secara teratur untuk mengendalikan gula darah agar stabil. Kandungan kurkumin kunyit dapat menurunkan kadar glukosa pada arah. Selain itu, juga dapat meningkatkan insulin dan mebuat gejala diabetes jadi lebih mudah ditangani.

4. Meredakan Nyeri Haid

Bagi kamu yang sedang mengalami nyeri haid, kamu bisa coba jamu kunyit asam yang dipercaya dapat meredakan nyeri saat haid.

Bukan hanya mitos, jamu kunyit asam memang bisa meradakan nyeri saat haid. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kurkumin kunyit yang dapat melemaskan kontraksi rahim sehingga menyebabkan perut kram.

Selain itu, kunyit juga membantu mengurangi masuknya aliran ion kalsium pada sel-sel apitel rahim, serta mengurangi terjadinya produksi prostaglandin yaitu hormon yang mengakibatkan timbulnya rasa sakit.

5. Mengobati Radang

Kandungan pada kunyit yang disebut kurkumin merupakan antioksidan yang memiliki efek antiradang poten. Pada satu kunyit, kurang lebih memiliki kandungan kurkumin sebanyak 200 miligram (mg).

Zat aktif tersebut membantu menghentikan kerja enzim serta sitokin yang dapat menyebabkan inflasi pada tubuh. Maka dari itu sangat bermanfaat untuk mengurang radang dan dapat meningkatkan kortison pada kelenjar adrenal dalam tubuh.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Selain membantu memperkuat imun dan mengetasi infeksi, mengonsumsi air kunyit juga bisa menjaga bentuk tubuh atau menurunkan berat badan. Jadi, cocok untuk kamu yang tengah menjalani diet. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa mengombinasikan sari kunyit dengan asam jawa.

7. Mencegah Kerusakan Hati

Penelitian menyebutkan bahwa ekstrak kunyit bisa mencegah organ hati dari kerusakan dan menjaganya tetap sehat. Zat aktif kurkumin yang ada di dalam kunyit efektif untuk melawan sel kanker di hati.

8. Mengurangi Mual

Adanya kandungan kurkumin pada kunyit akan meresap ke dalam aliran darah manusia dan mengurangi tekanan pada perut. Dengan mengkonsumsi kunyit, tekanan pada perut akan terasa ringan dan lega sehingga mengurangi rasa mual.

Hasil akan lebih maksimal dan cepat dalam mengatasi mual jika kamu tambahkan air kunyit dengan lada hitam karena adanya kandungan piperin yang mempercepat proses kinerja.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading