Sukses

Lifestyle

5 Ciri Perempuan Cerdas dari Kebiasaan Produktifnya

Fimela.com, Jakarta Kecerdasan bisa diasah. Dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik dan produktif, kita bisa menjadi perempuan cerdas. Semakin disiplin kita mengasah ketajaman pikiran, semakin besar peluang kita untuk menambah wawasan dan keterampilan untuk menjadi makin cerdas.

Kamu pun bisa jadi selama ini adalah perempuan cerdas. Dengan kebiasaan dan rutinitas produktif yang kamu lakukan dalam keseharian, kamu sebenarnya adalah perempuan yang cerdas. Lima hal ini merupakan tanda paling umumnya.

1. Mengerjakan Segalanya Sesuai Prioritas

Mengutip buku Company of One, Gloria Mark, profesor di Departemen Informatika di Universitas California menemukan bahwa bahwa untuk setiap gangguan, butuh waktu sekitar 23 menit dan 15 detik untuk kembali berkonsentrasi pada pekerjaan yang sedang dilakukan. Orang cerdas bukan berarti yang bisa melakukan segala sesuatunya dalam waktu bersamaan. Melainkan yang bisa mengerjakan segalanya sesuai prioritas. Mengerjakan semua pekerjaan satu per satu dengan jadwal yang sudah dibuat sebelumnya.

2. Menjadwalkan Hal-Hal Baru untuk Dipelajari

Kebiasaan untuk belajar hal-hal baru bisa membuatmu makin cerdas. Makin terasah ketajaman pikiranmu, makin bertambah wawasan dan pengetahuan. Kebiasaan rutin belajar hal-hal baru, seperti bahasa baru dan kecakapan baru memperlihatkan kecerdasan yang makin meningkat dari waktu ke waktu.

3. Meluangkan Waktu untuk Membaca

Membaca bisa meningkatkan sisi kreatif kita dengan mengembangkan daya imajinasi. Selain menambah wawasan, kegiatan membaca juga akan mempertajam daya ingat dan konsentrasi kita. Membaca di sini tak terbatas pada membaca buku fisik saja, tetapi juga membaca berita atau informasi di media elektronik dan internet. Kebiasaanmu yang suka membaca ini menjadi tanda bahwa kamu sebenarnya punya kecerdasan yang tinggi juga.

4. Menulis Jurnal atau Buku Harian

Melansir laman soylent.com, orang cerdas suka belajar dari pengalamannya agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Menulis jurnal atau buku harian bisa menjadi kebiasan yang sangat baik untuk membantu kita melakukan refleksi diri. Dengan melakukan perenungan, refleksi diri, dan belajar memetik hikmah atau pelajaran dari kejadian serta pengalaman diri, kita bisa menjadi pribadi yang makin cerdas lagi.

5. Melakukan Olahraga Rutin

Selain menjaga tubuh tetap bugar, berolahraga juga bisa merangsang pertumbuhan sel otak. Melansir laman newbooksinlatinostudies.com, sebuah proses yang disebut neurogenesis terjadi selama olahraga, yang meningkatkan produksi neurotransmiter. Dengan efek samping seperti peningkatan dopamin, orang yang aktif berolahraga umumnya lebih sedikit stres, punya daya konsentrasi lebih baik, dan lebih banyak energi.

Bagi kamu yang sedang berusaha untuk menjadi perempuan yang lebih cerdas, bisa juga mulai menerapkan kebiasaan-kebiasaan di atas dalam keseharian. Tetap semangat, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading