Sukses

Lifestyle

5 Sikap Tenang yang Ternyata Bisa Membuat Mentalmu Kuat

Fimela.com, Jakarta Untuk bisa memiliki mental yang kuat memang perlu diusahakan. Bisa dimulai dengan mengupayakan sikap-sikap yang sebenarnya sederhana. Bahkan dari menerapkan sikap yang tenang, mentalmu bisa tumbuh makin kuat.

Lima sikap ini bisa mulai kamu terapkan dalam keseharian untuk menempa mentalmu jadi lebih kuat. Setidaknya dengan sikap-sikap ini, kamu bisa lebih mudah bertahan melewati masa-masa sulit yang ada. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Senantiasa Bersyukur

Sikap penuh rasa syukur bisa membuat mentalmu makin kuat. Mengutip buku Happiness Inside, bahagia dalam diri hanya muncul bersamaan dengan rasa syukur. Tinggi-rendahnya tingkat kebahagiaan seseorang pun bisa berbanding lurus dengan tinggi-rendahnya rasa syukurnya. Dengan sikap yang senantiasa bersyukur kamu bisa lebih mudah bahagia, dan hati yang bahagia akan lebih kuat hadapi masa-masa sulit dalam hidup.

 

 

2. Fokus Berusaha yang Terbaik

Melansir laman Inc.com, orang yang kuat secara mental akan senantiasa produktif dan efektif dengan fokus pada melakukan hal-hal yang masih dalam kendali diri. Daripada mencemaskan hal-hal yang berada di luar kontrol diri, lebih baik fokus melakukan hal-hal yang masih dalam kendali diri sebaik mungkin. Dengan begini, hati pun bisa lebih tenang dalam menjalani keseharian dan rutinitas.

 

 

3. Berdamai dengan Ketidakpastian

"Kita hidup dalam sebuah logam yang berputar. Kita tidak dapat memprediksi bagaimana uang logam itu akan jatuh, tetapi kita menikmati kilauannya sewaktu uang logam itu berputar," papar Matt Haig dalam bukunya, The Comfort Book. Ketidakpastian bagai logam yang berputar. Kita tak pernah tahu di sisi mana logam itu akan jatuh, tetapi kita masih bisa menikmati setiap putarannya. Seperti kehidupan yang tak pernah bisa kita prediksi, tapi dengan berdamai dengannya dan menerima berbagai ketidakpastian yang ada hati kita bisa lebih tenang menjalani hidup.

 

 

4. Mau Belajar dari Pengalaman

Pengalaman yang hadir dalam hidup memang tak selalu menyenangkan. Namun, bukan berarti kamu akan terpuruk atau terus menerus gagal dalam menjalani hidup karena kesalahan atau pengalaman tak menyenangkan. Selama kamu mau belajar dari tiap pengalaman dan memetik hikmah atau pelajaran yang ada, maka kamu akan terus tumbuh menjadi pribadi yang lebih kuat dari waktu ke waktu.

 

 

5. Bertanggung Jawab atas Pilihan yang Diambil

Sikapmu yang berani bertanggung jawab atas pilihan hidup yang kamu ambil juga bisa membuat mentalmu makin kuat. Mentalmu bisa makin kuat seiring dengan kesadaranmu untuk berani menghadapi apa pun hal yang akan kamu terima dari pilihan hidup yang kamu ambil. Kuatnya kesadaran diri ini juga bisa memudahkanmu untuk mengelola emosimu lebih stabil dalam bertahan di masa-masa sulit.

Itu tadi lima sikap yang bisa kamu miliki dan terapkan dalam keseharian untuk memiliki mental yang lebih kuat. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading