Sukses

Lifestyle

5 Cara Mandiri agar Tak Dianggap Lemah oleh Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Dianggap lemah oleh orang lain bisa melukai harga diri kita. Kita pun bisa merasa kehilangan semangat jika terus dianggap lemah oleh orang-orang di sekitar kita. Walaupun kita memang tak bisa menyenangkan hati semua orang, tetapi kita bisa mengupayakan sejumlah hal untuk membekali diri dengan mental yang lebih kuat agar tidak gampang terpuruk saat diremehkan oleh orang lain.

Berikut ini sejumlah cara yang bisa dicoba agar tidak dipandang lemah oleh orang lain. Bisa dimulai dengan menerapkan sejumlah kebiasaan hidup yang lebih mandiri. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Berpikiran Lebih Terbuka

Kadang yang membuat kita merasa dianggap lemah oleh orang lain adalah persepsi kita sendiri. Kebiasaan berpikir hitam putih bisa membuat kita tertekan sendiri saat menanggapi pandangan orang lain yang membuat kita tersinggung. Untuk itu, kita perlu mengembangkan cara berpikir yang lebih terbuka. Mengutip buku Merawat Luka Batin, keluar dari pemikiran hitam putih memungkinkan kita untuk menghargai betapa kompleks dan kayanya hidup. Untuk mengubahnya, kita perlu mengembangkan kemampuan untuk berpikiran terbuka. Terima kemungkinan akan selalu ada orang yang menganggap kita lemah, tetapi bukan berarti anggapan orang tersebut selalu benar.

 

 

2. Meningkatkan Harga Diri

Bagaimana cara meningkatkan harga diri? Salah satunya adalah dengan mencintai diri sendiri. Ketika kita sudah bisa mencintai diri sendiri, kita akan lebih mengetahui dan memahami nilai-nilai penting diri kita sehingga kita tak lagi perlu ambil pusing dengan anggapan atau pandangan negatif orang lain yang menganggap kita lemah. Sebab diri kita yang paling tahu kelebihan dan kekuatan diri yang kita miliki sendiri.

 

 

3. Memenuhi Kebutuhan Sendiri

Kamu bisa mulai memiliki penghasilan sendiri. Bisa mulai bekerja atau menekuni bidang yang dapat membantumu untuk bisa lebih mandiri secara finansial. Dengan begini, orang yang akan merendahkanmu akan minder sendiri sebab menyadari kamu sebenarnya bisa berdiri di atas kaki sendiri dengan kemampuanmu sendiri.

 

 

4. Menikmati Pilihan Hidup Sendiri

Orang yang menganggapmu lemah biasanya sebenarnya punya masalah dengan kehidupan mereka sendiri. Sehingga mereka mencari pelampiasan untuk memberi makan ego pribadi mereka sendiri. Di sini, kamu tak perlu terlalu mempedulikan orang yang memandangmu sebelah mata. Fokus saja menikmati pilihan hidupmu sendiri. Tunjukkan saja rasa bahagia dan penuh syukur atas kehidupan yang kamu jalani saat ini.

 

 

5. Membuat Pencapaian Sendiri

Ya, buatlah pencapaianmu sendiri. Tak perlu terlalu mempedulikan besar kecilnya pencapaian itu. Fokus saja berusaha menghadirkan pencapaian dan kesuksesan baru dalam hidup. Tiap pencapaian baru yang kamu miliki akan membuat citra dirimu sendiri naik, dan ini juga pada dasarnya akan membuatmu merasa makin bahagia menjalani hidupmu sendiri.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba agar tak dipandang lemah oleh orang lain. Semoga infonya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading