Sukses

Lifestyle

Penyebab Munculnya Stretchmark di Tubuh Remaja

Fimela.com, Jakarta Stretch mark adalah tampilan garis-garis yang ada di kulit. Stretch mark umumnya terjadi pada perempuan setelah melahirkan atau ketika menyusui. Stretch mark bisa muncul di sekitar paha, payudara, bokong dan perut.

Namun ternyata stretch mark tak hanya muncul pada wanita dewasa saja, melainkan bisa juga muncul pada tubuh remaja. Ternyata ada beberapa hal yang jadi penyebab munculnya stretch mark pada tubuh remaja. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Berat Badan Naik

Bagi orang yang mengalami kenaikan berat badan secara tiba-tiba akan beresiko mengalami stretch mark, hal ini dikarenakan masa tubuhnya yang terus bertumbuh dan bertambah serta kulitnya yang akan semakin meregang. Selain itu bagi binaragawan juga cenderung akan memiliki stretch mark karena perubahan tubuh yang cepat.

Tak hanya kenaikan berat badan, bagi para pengguna krim atau salep kulit yang mengandung steroid (seperti hidrokortison) selama lebih dari beberapa minggu juga dapat mengalami stretch mark. Biasanya saat kemunculan stretch mark, akan muncul garis berwarna merah atau keunguan dan dapat terlihat berlekuk dan memiliki tekstur yang berbeda dari kulit sekitarnya. Akan tetapi stretch mark juga dapat berubah lebih ringan atau dapat memudar seiring berjalannya waktu.

2. Berat Badan Turun

Penyebab stretch mark pada remaja selain kenaikan berat badan adalah penurunan berat badan, jadi tidak hanya kenaikan berat badan yang dapat mendapati stretch mark. Kehilangan berat nadan yang secara perlahan juga dapat menurunkan peluangmengembangkan stretch mark, penurunan berat badan ini juga dapat disebabkan kondisi kesehatan tertentu seperti kanker maupun penyakit kronis yang lainnya.

3. Pubertas

Melansir dari KidsHealth bahwa stretch mark dapat terjadi karena kulit yang ditarik oleh pertumbuhan yang cepat atau peregangan. Meskipun kulit biasanya cukup elastis, ketika kulit meregang produksi normal kolagen akan terganggu. Hal ini dapat mengakibatkan stretch mark terbentuk.

4. Olahraga Berat

Olahraga berat yang dimaksud disini adalah olahraga yang dapat meningkatkan ukuran otot, dan menimbulkan stretch mark pada sekitar paha. Olahraga yang intens terutama yang meningkatkan resiko termasuk dapat memunculkan stretch mark. Jika kamu ingin mengatasi hal tersebut, kamu perlu mencegahnya dengan mengatur intensitas olahraga dengan mengonsumsi nutrisi yang seimbang.

5. Kondisi Medis Tertentu

Penyebab stretch mark pada remaja juga dapat disebabkan dengan kondisi medis tertentu, seperti sindrom marfan atau sindrom cushing. Sindrom marfan dapat menyebabkan penurunan elastisitas pada jaringan kulit, sedangkan sindrom cushing sendiri dapat menyebabkan memproduksi terlalu banyak dengan hormon yang menyebabkan penambahan berat badan dengan cepat. Hal ini juga dapat membuat karapuhan pada kulit kamu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading