Sukses

Lifestyle

5 Cara Hidup Sederhana yang Ternyata Membuat Hati Tenang

Fimela.com, Jakarta Kita semua mendambakan hidup yang nyaman. Kita ingin hati kita bisa selalu tenang dalam menjalani kehidupan. Sebab saat hati tenang, kebahagiaan bisa lebih mudah hadir dan membuat kita tak gampang stres dalam menjalani rutinitas yang ada.

Untuk bisa mendapatkan hati yang lebih tenang, bisa coba menerapkan gaya hidup sederhana. Bisa dimulai dengan menerapkan hal-hal berikut ini.

 

 

1. Sebisa Mungkin Hindari Kebiasaan Berutang

Tak perlu memaksakan diri membeli sesuatu yang berada di luar kemampuan diri. Sebisa mungkin hindari kebiasaan berutang, khususnya berutang untuk konsumsi sehari-hari. Mengambil utang untuk konsumsi sehari-hari sangat tidak disarankan. Berutang untuk konsumsi sehari-hari, apalagi karena menuruti gengsi hanya akan menambah stres dan rasa tertekan sendiri. Sekali berutang, biasanya kita akan terdorong untuk berutang lagi.

 

 

2. Kurangi Gengsi yang Berlebihan

Tak harus mengikuti standar hidup orang lain untuk bahagia. Tak harus memaksakan diri mengikuti tren terbaru untuk dianggap keren. Jangan sampai hati kita malah makin gelisah karena menuruti gengsi. Miliki saja standar bahagia dan kesuksesanmu sendiri. Dengan begini, kamu bisa lebih fokus menjalani hidupmu sebaik mungkin.

 

 

3. Miliki Barang yang Disesuaikan dengan Kebutuhan

Hati bisa lebih tenang jika barang-barang yang kita miliki sudah sesuai kebutuhan dan secukupnya. Mengutip buku Seni Hidup Minimalis, saat kira merasa tidak punya cukup waktu, mungkin barang kitalah penyebabnya. Punya terlalu banyak barang di rumah, kita akan membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk membersihkan dan merawatnya, dan ini bisa memicu rasa gelisah. Kalau kamu merasa sulit tenang akhir-akhir ini bisa coba luangkan waktu untuk merapikan barang-barangmu dan mensortirnya sesuai kebutuhan dan keperluanmu saja.

 

 

4. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Untuk bisa menerapkan pola hidup sehat tak harus menggunakan cara-cara yang mewah atau mahal. Bisa mengatur waktu dan jadwal tidur yang cukup, olahraga rutin, dan makan makanan sehat dan teratur bisa hadirkan ketenangan sendiri. Menjaga tubuh dan pikiran tetap sehat merupakan cara paling efektif untuk hadirkan hati yang lebih tenang.

 

 

5. Merawat Semua yang Sudah Dimiliki

Sebelum terobsesi untuk memiliki barang-barang baru atau membeli sesuatu yang baru, cobalah untuk fokus merawat semua yang sudah dimiliki. Dengan menyederhanakan prioritas dari memaksa diri membeli lebih banyak barang menjadi merawat yang sudah ada, hati pun bisa terasa lebih tenang. Kita pun bisa lebih banyak bersyukur lagi. Makin sering bersyukur, makin tenteram hati kita.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba agar hati lebih tenang dalam menjalani hidup. Semoga infonya bermanfaat, ya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading