Sukses

Lifestyle

5 Cara Tetap Tegar saat Sikap Baikmu Tak Dihargai

Fimela.com, Jakarta Makin dewasa kita akan makin menyadari bahwa kita tak pernah mengendalikan respons orang. Kita pun tak bisa selalu memenuhi harapan semua orang. Bahkan niat dan sikap baik yang sudah kita lakukan dari hati yang paling tulus masih saja tak dihargai oleh orang di sekitar kita.

Walaupun sakit hati, kamu tetap perlu fokus untuk tegarkan diri. Sebab menjadi orang baik pada dasarnya akan menenetramkan hatimu sendiri. Untuk bisa kembali tegar bisa dimulai dengan menerapkan cara-cara berikut ini.

 

 

1. Izinkan Diri Bersedih tanpa Harus Berlarut-larut

Merasa sedih itu wajar, tetapi tak perlu sampai membuatmu meratapi segalanya. Kalau memang kamu ingin menangis, biarkan air mata mengalir. Jika memang perasaanmu sesak, luangkan waktu untuk bisa lepaskan semua rasa tidak nyaman tersebut. Beri waktu bagimu untuk memproses kesedihan itu tanpa harus berlarut-larut di dalamnya.

 

 

2. Melatih Pernapasan

Saat merasa sakit hati biasanya ada debar jantung yang berdetak lebih cepat bahkan tak beraturan. Makin emosi diri kita makin sulit kita menenangkan diri. Untuk bisa kembali tenang, coba latih pernapasan. Tarik napas perlahan, tahan beberapa detik, lalu embuskan lewat mulut secara perlahan. Ulangi beberapa kali sampai detak jantungmu kembali teratur.

 

 

3. Hargai Perbedaan yang Ada

Walau kamu merasa tidak dihargai seseorang, bukan berarti kamu harus balas dendam dengan tidak menghargainya. Anggap saja itu karena memang tiap orang punya pendapat, sudut pandang, dan persepsi sendiri. Tak semua orang bisa menerima niat baik. Bahkan tak semua orang bisa cukup peka dengan sikap baik yang sebenarnya kamu lakukan tulus dari hati, tapi tak apa. Tetaplah fokus jadi orang baik semampumu.

 

 

4. Memilihlah untuk Berdamai

Berdamailah dengan dirimu sendiri. Berdamailah juga dengan perasaan tak nyaman yang ada. Meskipun memang sangat menyakitkan, tapi jangan sampai ini jadi alasan kamu berhenti bersikap baik. Tetaplah jadi orang baik karena menjadi orang baik tak akan membuatmu menyesali apa pun.

 

 

5. Apresiasi Diri Sendiri

Tetaplah jaga harga dirimu. Apresiasi dirimu sendiri. Sudah melakukan hal baik merupakan sebuah pencapaian sendiri yang perlu dihargai dengan baik. Walau orang lain tak bisa menghargainya, tetapi selama kamu masih bisa menghargai dirimu dengan baik maka yakin saja kamu pun akan lebih tegar lagi dalam menjalani hidup.

Semoga kamu bisa tetap jadi orang baik, ya. Terima kasih sudah selalu berusaha melakukan semua hal yang terbaik hingga saat ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading