Sukses

Lifestyle

5 Tanda Dirimu Bermental Kuat meski Hidupmu Jatuh Bangun

Fimela.com, Jakarta “Nobody is exempt from the trials of life, but everyone can always find something positive in everything even in the worst of times." (Roy T. Bennett) Perjalanan hidupmu memang tak mudah. Ada banyak momen jatuh bangun yang membuatmu berulang kali merasa sudah kehilangan semangat hidup, tetapi kamu memilih untuk terus melangkah ke depan dan tanpa kamu sadari mentalmu pun tumbuh makin kuat dari waktu ke waktu.

Di dalam dirimu ada jiwa yang tangguh. Ada mental yang sangat kuat melebihi ekspektasimu sendiri. Tanda-tandanya bisa dilihat dari hal-hal berikut ini.

1. Kesabaran Membuatmu Bertahan

“The two hardest tests on the spiritual road are the patience to wait for the right moment and the courage not to be disappointed with what we encounter.”― Paulo Coelho, Veronika Decides to Die

Saat ada hal-hal yang terjadi di luar keinginan dan kamu tak bisa melakukan apa-apa, kamu memilih bersabar. Bersabar sangat membantumu untuk bisa bertahan melewati dan melalui masa-masa sulit yang ada. Bersabar bukanlah bersikap pasif dan pasrah begitu saja, melainkan mengumpulkan lebih banyak kekuatan baru untuk menjadi bekal melangkah lagi ke depan.

2. Bisa Memetik Hikmah atau Pelajaran dari Tiap Pengalaman

“Beautiful souls are shaped by ugly experiences.”― Matshona Dhliwayo

Pengalaman hidupmu tak selalu indah. Bahkan ada banyak kejadian menyakitkan dan tak menyenangkan yang kamu alami. Namun, kamu tak menyalahkan apa pun atas setiap kejadian ada. Selama kamu bisa memetik hikmah dan pelajaran dari tiap kejadian yang ada, mentalmu tumbuh makin kuat seiring bertambahnya usiamu.

3. Bisa Menjaga Semangat untuk Terus Memperbaiki Diri

“I am grateful for all the trials for that made be a better person.”― Lailah Gifty Akita

Ujian dan cobaan hidup memang tak ada yang mudah. Namun, ketika kamu berhasil melalui dan mengatasinya dengan baik, maka ada kekuatan baru yang tumbuh dari dalam dirimu. Memang ada fase kamu merasa terpuruk, tapi selama kamu selalu bisa menghadirkan semangat untuk melangkah lagi ke depan maka sebenarnya kamu punya mental kuat di dalam dirimu.

4. Mengiringi Setiap Perjuangan dengan Harapan Baik

“Sometimes life takes you into a dark place where you feel it's impossible to breathe. You think you've been buried, but don't give up, because if truth be told, you've actually been planted.”― Karen Gibbs

Kamu mengusahakan segalanya dengan niat baik. Kamu mengiringi semua hal yang kamu lakukan dengan harapan baik. Sekalipun ada kegagalan, kamu tak menyesali apa pun. Justru kamu bisa mengapresiasi dirimu sendiri yang sudah berani melakukan sesuatu yang berbeda dari sebelumnya.

5. Punya Kemampuan Mengelola Stres yang Baik

“Those things that challenge the worst in us tend to strengthen the best in us.”― Richelle E. Goodrich, Making Wishes: Quotes, Thoughts, & a Little Poetry for Every Day of the Year

Setiap tantangan dan kesulitan memang membuatmu kewalahan. Namun, selama kamu bisa mengimbanginya dengan mengelola emosi dan stres yang lebih baik maka kamu bisa bertahan lebih kuat dalam menjalani hidup. Banyak hal baru dan menyenangkan yang bisa kamu rasakan dari setiap pengalaman yang kamu rasakan.

Saatnya untuk mengapresiasi dirimu sendiri. Bukti bahwa kamu masih bertahan hingga saat pun menjadi tanda ada mental kuat di dalam dirimu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading