Sukses

Lifestyle

Tips Mencegah Penipuan Tiket Konser Berkedok Jastip, Biar Nggak Menyesal di Belakang

Fimela.com, Jakarta Tahun 2023 terasa makin meriah karena satu per satu konser musik resmi diumumkan bakal digelar di tanah air. Nggak hanya melibatkan musisi lokal saja, banyak juga artis dan band internasional yang sudah menentukan tanggal performance-nya di tanah air. Excited banget kan rasanya!

Tapi, di balik euforia konser yang banyak ditunggu dan jadi hype tersendiri, makin marak juga nih berita tentang penipuan tiket konser berkedok jasa titip alias jastip. Yup, membeli tiket konser via jastip memang bisa jadi alternatif buat yang nggak sempat untuk ticket war sendiri. Namun, makin bermunculan kasus penipuan yang ada jelas jadi semacam sinyal agar kamu semakin waspada.

Biar nggak terjebak, ini lho tips mencegah penipuan tiket konser berkedok jastip yang wajib diperhatikan.

Pantau Track Record Akun Jastip

Kehadiran jastip tiket konser memang banyak membantu orang-orang yang nggak bisa melakukan ticket war secara langsung, entah itu karena kesibukan sehari-hari atau tidak memiliki koneksi internet yang stabil. Namun, melihat banyaknya kasus penipuan yang ada belakangan ini, sebaiknya perlu lebih berhati-hati lagi saat akan memilih jastip yang akan digunakan.

Pantau satu per satu track record dari akun jasa titip tiket konser yang banyak beredar. Akan lebih baik jika kamu memilih jastip yang memang jasanya sudah terbukti dalam beberapa konser lain sebelumnya, karena artinya akun tersebut profesional dan bisa dipercaya. Cek juga akun tersebut di Twitter dengan cara mengetikkan ‘@username + dm’ atau ‘@username + tiket’ di kolom pencarian. Dari sini, kamu bisa mengecek apakah ada yang pernah memposting DM dengan akun tersebut atau cuitan tentang peringatan kalau akun tersebut adalah scammer alias penipu.

Cek Kontak Jastip Lewat Aplikasi GetContact

Zaman sekarang ada banyak banget cara yang bisa dilakukan untuk melakukan penipuan secara digital. Biarpun sudah melakukan pengecekan akun dan merasa bahwa username jastip tersebut nggak bermasalah, tapi bisa jadi yang berhubungan dengan kamu via WhatsApp bukanlah si pemilik asli. Melainkan penipu yang menggunakan identitas sama untuk menjaring korban.

Jadi, nggak ada salahnya untuk melakukan pengecekan kontak WA yang digunakan untuk berkomunikasi di aplikasi GetContact. Lewat aplikasi tersebut, kamu bisa mengecek nih bagaimana orang lain menamai kontak tersebut. Jika ada indikasi penipuan, sebaiknya jangan dilanjutkan.

Cek Nomor Rekening yang Digunakan untuk Transfer

Selain mengecek nomor kontak WA, pastikan untuk mengecek nomor rekening yang sudah diberikan oleh akun jastip tersebut. Ada beberapa situs yang bisa digunakan untuk mengecek keamanan suatu rekening atau nomor dompet digital. Salah satunya adalah CekRekening.id yang dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Situs tersebut akan memberikan informasi terkait apakah rekening tersebut sudah pernah dilaporkan untuk penipuan atau belum. Selain CekRekening.id, kamu juga bisa melakukan pengecekan nomor rekening lewat situs Kredibel.com.

Jangan Buru-buru Melakukan Transfer Uang

Beberapa penyedia jastip memang meminta untuk melakukan pembayaran di depan agar mereka bisa memproses pembelian tiketmu dengan mudah dan cepat. Namun, pastikan jangan buru-buru melakukan transfer ya. Lakukan pengecekan dengan teliti dan nggak ada salahnya untuk terus mengecek demi meyakinkan diri kalau jastip yang dipilih memang terpercaya.

Selain itu, lakukan juga pengecekan terhadap tiket yang dikirim. Pastikan kalau tiket konser yang sudah didapatkan benar-benar asli dan bukan editan. Kalau perlu, kamu bisa minta screen record untuk proses pembeliannya jika memang ada indikasi yang mencurigakan dari penyedia jastip.

Jangan sampai euforia nonton konser musisi idola harus rusak karena penipuan tiket konser berkedok jastip karena kamu tidak melakukan pengecekan dengan baik. Beberapa langkah di atas bisa dilakukan untuk pencegahan. Semoga berhasil nonton konser favorit tanpa banyak drama ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading