Sukses

Lifestyle

5 Cara Mengelola Keuangan agar Tidak Berhutang, Salah Satunya Fokus pada Satu Tanggungan

Fimela.com, Jakarta Banyak hal yang membuatmu harus menggunakan uang dalam jumlah banyak. Misalnya tagihan kendaraan, properti, hingga belanja berbagai hal. Terkadang, pengeluaran ini menyebabkan keborosan atau berkurangnya budget untuk kebutuhan primer. Hal ini lambat laun akan menyebabkan tabungan menipis, sulit membagi uang untuk kebutuhan, dan yang terburuk terlilit hutang.

Mengelola keuangan yang terbaik adalah dengan membagi pengeluaran berdasarkan prioritas. Berikut cara mengelola keuangan berdasarkan prioritas yang bisa sahabat Fimela terapkan.

1. Tentukan Apa yang Penting Bagimu

Prioritas tiap orang berbeda berdasarkan kebutuhan masing-masing, untuk itu penting untuk menentukan prioritas sendiri. Coba urutkan dari kebutuhan harian hingga bulanan yang sangat penting. Misalnya dana untuk belanja makanan, tagihan listrik, lalu tagihan internet. Pastikan kamu menulis budget yang tepat agar kebutuhan utama dapat terpenuhi.

2. Fokus Pada Satu Tujuan

Memiliki banyak tanggungan dalam waktu bersamaan akan membuatmu kewalahan untuk membayarnya. Seringkali uang terasa tidak cukup karena banyak tagihan yang menjadi tanggung jawab. Untuk meringankan beban, fokus saja pada satu tanggungan hingga selesai. Misalnya sahabat Fimela memiliki 2 tanggungan sekaligus seperti kendaraan dan benda elektronik. Maka lunasi salah satunya lebih dulu sebelum membeli barang lain. Hal ini akan membantu pengeluaran tetap pada budget dan menghindari hutang.

3. Tentukan Impian Masa Depan dengan Spesifik

Tiap orang pasti memiliki impian seperti melanjutkan pendidikan, pergi liburan, dan lain sebagainya. Agar cepat tercapai, maka urutkan tujuan masa depan dari yang jadi prioritasmu. Konsisten untuk fokus mengejar yang utama lalu setelah terkabul, mulailah merintis untuk mewujudkan impian selanjutnya.

4. Jeda Sebelum Membeli

Belanja online adalah faktor terbesar pengeluaran membeludak tanpa disadari. Kadang kita tergiur dengan diskon besar, padahal setelah dikalkulasikan kembali nominal yang dikeluarkan tidak jauh berbeda dengan harga asli. Tiap toko memiliki strategi marketing untuk menarik pembeli. Maka dari itu cobalah memberi jeda sebelum benar-benar check out barang. Kadang kala keinginan berubah dalam satu malam karena menyadari bahwa barang yang hampir sahabat Fimela beli ternyata tidak dibutuhkan sama sekali.

5. Perhatikan Tagihan Kartu Kredit

Bila sahabat Fimela menggunakan kartu kredit untuk membayar kebutuhan sehari-hari, jangan lengah pada tenggat waktu pembayaran. Membayar lebih cepat akan lebih baik karena kebanyakan kartu kredit akan memberi poin atau fasilitas tertentu bagi nasabah yang taat membayar. Bila terlewat satu kali tagihan, maka akan jadi kebiasaan yang pada akhirnya memupuk hutang.

Mengelola keuangan harus dilakukan dengan cermat. Sebanyak apapun kebutuhanmu, sesuaikan dengan pemasukan agar keuangan tetap stabil.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading