Sukses

Lifestyle

5 Tips Menabung agar Cepat Mencapai Target, Salah Satunya dengan Menetapkan Deadline

Fimela.com, Jakarta Salah satu dasar membangun fondasi keuangan yang kuat adalah dengan menabung. Menabung tidak hanya untuk mempersiapkan kebutuhan masa depan, namun juga untuk meraih target dalam hidup. Setiap orang memiliki keinginan yang menjadi impian selama hidup, misalnya liburan, melanjutkan pendidikan, atau membeli barang. Apapun impiannya dapat diraih dengan strategi keuangan yang tepat.

Menyisihkan uang untuk digunakan di masa depan dapat dilakukan dengan menerapkan beberapa cara untuk mempermudah meraih target. Agar keuangan tetap stabil dan tetap menabung secara konsisten, simak tips berikut ini.

1. Tentukan Tujuan Menabung

Langkah paling pertama adalah menentukan tujuan. Baik itu liburan, pendidikan, atau membeli tempat tinggal menabung harus memiliki tujuan yang jelas. Cara ini akan membantu agar tabungan tidak terpakai untuk kebutuhan di luar tujuan. Dengan begitu, uang akan terkumpul lebih cepat.

2. Tetapkan Deadline

Deadline atau tenggat waktu secara tidak langsung memaksa diri agar dapat memenuhinya sesuai waktu yang ditentukan. Pastikan untuk membuat tenggat waktu yang sesuai kemampuan, misalnya ingin membeli kendaraan dan membuat deadline menabung selama satu tahun. Taat pada deadline dan konsisten menabung akan membantu target tercapai sesuai batas waktu.

3. Pisahkan Tabungan dan Pengeluaran Bulanan

Memisahkan tempat menabung dan pengeluaran rutin membantu agar uang tidak terpakai lebih dari budget. Melihat nominal tabungan yang mulai bertambah mungkin menggoda untuk digunakan, apalagi saat kepepet. Memisahkan tempat menabung dan pengeluaran rutin akan menghindari tabungan terkuras untuk hal tidak perlu.

4. Sisihkan Uang untuk Ditabung dalam Budget Bulanan

Mengelola keuangan dengan menetapkan budget adalah hal yang wajib dilakukan. Biasanya budget akan dipisah berdasarkan kebutuhan primer, sekunder, dan dana darurat. cara ini sudah tepat, namun usahakanlah untuk memasukkan kategori dana tabungan. Bila terbiasa menyisihkan penghasilan bulanan untuk ditabung maka mengelola uang jadi lebih mudah dan menabung pun terasa menyenangkan.

5. Perhatikan Perkembangan Tabungan

Tinjau dana tabungan secara rutin berguna untuk mendeteksi kendala selama menabung dan memeriksa kemajuan nominal sebelum mencapai target. Saat kamu membuat target tabungan per bulan namun tidak dapat mencapainya, maka meninjau tabungan bisa membantu menemukan solusi. Selain itu, melihat nominal tabungan yang semakin berkembang akan memberimu semangat untuk semakin rajin menabung.

Pondasi utama untuk menabung adalah konsisten dan taat pada aturan dei mencapai target. Bila lalai dan sering menggunakan dana tabungan untuk hal tidak perlu akan merugikan dirimu sendiri. Semangat menabung ya, sahabat Fimela!

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading